get app
inews
Aa Read Next : Kisah Haru! Demi Selamatkan 5 Nyawa, Sang Ayah Donasikan Organ Tubuh Putrinya

Viral, 4 Kasus Jual Ginjal, Ada yang Libatkan RS Terkemuka Indonesia

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:08 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Reuters)

Seorang manusia bisa menjalani kesehariannya dengan aktif tanpa hambatan apabila memiliki tubuh dan organ yang sehat. Sebab organ dalam tubuh merupakan salah satu benda berharga yang kita miliki. 

Inilah sebabnya bila organ tubuh, khususnya ginjal, dijual, maka ditaksir mencapai harga selangit. Mirisnya, sejumlah orang nekat menjual organ ginjalnya karena berbagai alasan.

Berikut beberapa kasus jual ginjal yang viral, sebagaimana dirangkum Tim Litbang MPI:

1. Sindikat Penjualan Ginjal hingga ke Singapura

Pada 2016 lalu, masyarakat Indonesia sempat dibuat geger dengan penemuan sindikat penjualan organ tubuh ginjal. Kasus ini juga heboh lantaran menyangkut nama salah satu rumah sakit, yaitu RS Cipto Mangunkusumo (RSCM). Rupanya peristiwa ini sudah berlangsung cukup lama, yaitu sejak Januari 2014 hingga Desember 2015 lalu.

Sindikat ini mempunyai sejumlah oknum dengan tugasnya masing-masing. Ada AG dan DD yang bertugas untuk mencari korban, kemudian HS yang menjadi penghubung antara keduanya dan rumah sakit. Proses jual-beli ini dimulai ketika HS mendapat order ginjal dari rumah sakit, kemudian HS pun menyuruh AG dan DD untuk mencari korban. Bahkan, HS mengaku sempat membawa korban ke Singapura untuk dijual ginjalnya dan dilakukan transplantasi kepada si penerima.

Ketiga pelaku yang terlibat telah ditangkap dan diamankan.

2. Terlilit Utang, Ibu Hamil Rela Jual Ginjal

Sebuah unggahan di media sosial sempat viral, pada Januari 2022. Unggahan tersebut memperlihatkan seorang ibu hamil 7 bulan asal Depok, Jawa Barat yang mengaku siap menjual ginjalnya demi melunasi utang. Aksi ini dilakukan demi membayar utangnya yang nyaris Rp1 miliar.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut