Sekilas Pandang, Mejengnya Motor Antik di Museum Moto Guzzi Italia

Novie Fauziah
Motor antik legendaris mejeng di Museum Moto Guzzi, Italia. (Foto: Museum Moto Guzzi)

Museum Moto Guzzi sebelumnya dilakukan renovasi untuk memperkenalkan nuansa baru. Kini Moto Guzzi di Kota Mandello del Lario, Italia, telah resmi dibuka kembali sejak 29 April 2022. 

Tentunya museum tersebut menarik para wisatawan menjadi lebih leluasa untuk berkeliling, melihat-lihat bangunan beserta isinya.

Museum ini memamerkan koleksi sepeda motor, kini dibagi ke dalam tiga area utama bertematik, yakni model komersial, model balap, dan model militer, dan semuanya disusun secara berurut. Hal ini dikutip dari siaran pers yang diterima MNC Portal,

Kemudian di museum ini terdapat koleksi langka dan menarik, serta merupakan satu-satunya di dunia yang mana terhitung total 160 tipe model telah direstorasi secara detail dan teliti selama beberapa bulan terakhir. Apalagi ditangani langsung oleh staf lokal Moto Guzzi.

Di mulai dari G.P. sebagai varian model unik yang telah hadir sebelum berdirinya Moto Guzzi, hingga model-model terkini yang masih dan masih diproduksi, seperti salah satunya V85 TT, menjadikan kunjungan ke museum ini sebagai pengalaman sekali seumur hidup dalam mengenal sejarah otomotif merk Italia itu.

Area baru di lantai dasar museum ini memajang deretan sepeda motor yang diproduksi dari tahun 2000, hingga saat ini. Seperti di antaranya California 1400 yang gagah dan Stelvio 1200 memiliki model tangguh.

Secara keseluruhan, sejarah Moto Guzzi diceritakan mulai dari bagian pertama di lantai dasar dengan menampilkan G.P. 1919, prototipe yang menjadi cikal bakal “Normale” sebagai produksi massal pertama Moto Guzzi pada 1921 silam.

Perjalanan berlanjut ke lantai dua, yang memamerkan model-model produksi tahun berikutnya hingga awal milenium baru, serta berbagai sepeda motor untuk fungsi militer.

Kemudian berlanjut ke area kedua, berlokasi di lantai dasar, di mana menjadi rumah bagi seluruh model sepeda motor balapnya, termasuk koleksi kendaraan legendaris seperti Otto Cilindri yang futuristik pada masanya. Jenis ini telah meraih 14 gelar juara dunia untuk Moto Guzzi.

Berbagai penambahan baru turut disematkan ke bagian ini, termasuk area yang didedikasikan untuk mendian Omobono Tenni, pembalap legendaris Moto Guzzi yang memenangkan Tourist Trophy pada tahun 1937.

Selanjutnya pada bagian ketiga dari ruang pameran baru ini, menampung model-model langka, seperti 3X3 “Mulo Meccanico” sebagai kendaraan kerja di dekade 1960-an dengan penggerak tiga roda dan sespan Trialce, yang pertama kali diproduksi pada 1940 silam. Tampilannya juga mencakup lembar informasi untuk setiap model.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network