Manfaat Ajari Anak Memberi Makan Hewan di Jalan

Tim Okezone
Kucing. (Foto: Thespruce)

Memutuskan untuk memiliki anak artinya harus bisa mengajarkan berbagai hal baik pada anak. Salah satu peran orang tua yaitu mengajarkan anak untuk mencintai binatang sedari dini. Seperti memberi makan kucing liar di jalanan atau disebut dengan street feeding

Kegiatan street feeding ini sangatlah menyenangkan untuk anak. Pada Jumat, (15/4/2022) salah satu murid madrasah Ibtidaiyah Darul Falah di kawasan Palmerah Jakarta Barat melakukan kegiatan ini.

Erna Sitorus dari Mister Puss mengatakan, sembari melakukan street feeding, anak-anak yang didampingi para orangtua, mendapatkan edukasi berupa menumbuhkan rasa kepedulian sejak dini terhadap hewan-hewan terlantar di sekitar mereka. Beberapa pecinta kucing di sekitar Madrasah juga ikut berpartisipasi dalam acara street feeding ini.

"Edukasi lain yang diberikan adalah seputar tips merawat kucing yang benar. Kemudian, memberikan contoh hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berinteraksi dengan kucing," katanya dalam keterangan tertulis.

Saat kegiatan ini dilakukan, kata Erna, seseorang juga bisa menghentikan kebiasaan menarik ekor kucing. Karena ternyata dapat membahayakan keselamatan si kucing.

Sebab, tulang dan saraf pada ekor kucing berhubungan dengan tulang punggungnya yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan.

Kemudian, anak-anak juga jadi tahu tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan ketika menolong kucing yang terlantar, lapar atau terluka.

"Yakni dengan membawanya ke dokter hewan terdekat atau orang dewasa yang mampu memberikan pertolongan pertama. Kemudian memberi makanan kucing dengan formulasi nutrisi seimbang," tambah dia.

Daryono dari Mister Puss juga berujar, edukasi kepada anak-anak seperti ini perlu dilakukan sebagai generasi penerus, untuk menanamkan nilai-nilai kemanusiaan. Karena banyak populasi kucing yang liar, terlantar, malnutrisi juga teraniaya.

"Terutama dalam hal kepedulian, empati, dan berbagi kepada hewan-hewan terlantar di sekitar, termasuk kucing liar yang banyak dijumpai di lingkungan sekitar," tambahnya.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network