Melihat Kemeriahan Grand Final Apresiasi Duta Generasi Berencana Karawang

Frizky Wibisono
Melihat Kemeriahan Grand Final Apresiasi Duta Generasi Berencana Karawang. Foto : Istimewa.

KARAWANG, iNewskarawang.id - Grand Final Apresiasi Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Karawang tahun 2024 digelar meriah pada Sabtu, (19/10) malam di salah satu hotel Karawang.

Sebanyak 14 Finalis yang berlaga di malam grand final itu tampil prima, sampai membuat dewan juri pusing dan harus menempuh perdebatan panjang untuk menentukan sang juara. 

Hasilnya, Muhammad Rykaat El Shirazy dari Kecamatan Cikampek dan Raisa Siti Aminah dari Kecamatan Telukjambe Timur dinobatkan sebagai Putra dan Putri 'The Winner' Duta Genre Karawang tahun 2024. 

Penjabat Bupati Karawang, Teppy Wawan Dharmawan mengatakan, apresiasi Duta Genre sekaligus penilaian PIK-Remaja dianggap sangat penting sebagai upaya dari mencetak generasi emas 2045 mendatang. 

Teppy berpesan, kepada seluruh Duta Genre untuk terus membawa manfaat bagi para remaja di Karawang. "Jangan hanya sekedar menjadi duta saja, tetapi harus bisa membantu pemerintah dalam menciptakan remaja yang kreatif, inovatif, dan berakhlakul karimah," ungkap Teppy dalam sambutannya. 

Duta Genre sebagai agen dan ujung tombak program Bangga Kencana (BKKBK) diharapakan bisa mengajak remaja sebaya untuk berkarya dan bergerak di bidang-bidang yang produktif. Serta mampu mengajak dan menciptakan lingkungan yang sehat di kalangan remaja lain di Karawang. 

"Remaja harus menjauhi segala tindakan atau perilaku yang bisa merusak. Dan Duta Genre harus mampu menjadi inspirator dan motivator bagi remaja lainnya," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang, Sofiah mengatakan, Apresiasi Duta Genre merupakan program andalan BKKBN dalam upaya mencetak generasi emas menuju bonus demografi. Selama ini, Dita Genre telah berkontribusi nyata dalam berbagai program pembangunan dan kesehatan remaja. 

Setiap tahun, kata Sofiah, Duta Genre Karawang juga selalu mencuri perhatian di ajang Duta Genre tingkat Jawa Barat. Namun hingga kini mahkota Duta Genre Jawa Barat belum bisa dibawa pulang ke kota pangkal perjuangan.

Oleh sebab itu, dengan materi terbaik yang dimiliki Duta Genre Karawang saat ini. Pihaknya optimis jika Dita Genre Karawang akan meraih hasil terbaik pada ajang Duta Genre Jawa Barat tahun depan. 

"Insya Allah dengan kerja keras kita semua, mudah-mudahan tahun depan Duta Genre Karawang menjadi yang terbaik di Jawa Barat dan kembali berbicara di ajang Duta Genre tingkat nasional," harapnya. 

Pada kesempatan ini pula, Sofiah memberikan pesan mendalam kepada para Duta Genre Karawang. Sebab, tahun ini merupakan ajang Duta Genre terakhir yang akan ia hadiri sebelum pensiun di tahun depan. 

"Semoga Duta Genre Karawang semakin maju, bisa menjadi cerminan dan contoh bagi remaja lain di Karawang. Semoga semakin kompak dan berprestasi dan yang paling penting menjadi anak-anak yang bermanfaat untuk orang tua juga bangsa dan negara," ucapnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network