Ketua KPU Pimpin Langsung Proses Coklit Mbah Totong, Warga Tertua Berumur 120 Tahun

Iqbal Maulana Bahtiar
Ketua KPU Pimpin Langsung Proses Coklit Mbah Totong, Warga Tertua Berumur 120 Tahun (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Komisi Pemeilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang bersama Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Desa Tegalurung, Kecamatan Cilamaya Kulon melakukan coklit langsung kerumah Mbah Totong, warga tertua di Kabupaten Karawang, Rabu,(10/7/2024).

Diketahui, Totong merupakan warga Cilamaya Kulon yang kini telah berusia 120 tahun. Identitas Totong terkuak saat Pantarlih desa setempat melakukan pencocokan data. 

Data tersebut berdasarkan data kependudukan Totong, dalam KTP nya, Totong tertera lahir pada tahun 1904, dimana pada tahun tersebut masih dalam masa kerajaan.

Ditemui di lokasi, Mari, Ketua KPU Karawang mengaku terkejut karena mendapat informasi dari data Daftar Penduduk Potensial Pemilih atau DP4 adanya warga usia 120 tahun

Dan setelah dilakukan pengecekan, sambung Mari, Ternyata benar warga bernama Totong itu berusia 120 tahun. 

"Setelah kita cek (tadi) benar kalau Abah Totong ini berusia 120 tahun. Itu dibuktikan dengan data kependudukan atau KTP milik Abah Totong," Ungkap Mari.

Tidak hanya itu, setelah berbincang dengan Totong, Mari mengaku kagum akan sosoknya. Sebab, Walaupun usianya sudah senior bahkan melebihi batas usia masyarakat pada umumnya Totong masih semangat menyuarakan hak suara dalam Pemilu maupun Pilkada.

"Hebatnya Abah ini enggak pernah absen ke TPS. Kemarin, kata anak angkatnya pun Abah tetep ikut mencoblos di TPS saat Pemilu. Luar biasa," Kata dia.

Sementara itu, Totong yang didampingi oleh anak angkatnya mengaku lahir pada tanggal 12 Februari 1904 pada jaman pemerintahan Hindia-Belanda. "Dari jaman Ratu Wilhelmina," kata Totong.

Totong bahkan mengaku, sejak pemilu pertama hingga sekarang selalu mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) menyalurkan hak suaranya.

"Dari jaman Pak Soekarno saya ikut memilih," kata dia.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network