Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi Dihadiri 40 Pejabat Asing, Termasuk Pemimpin Hamas

Susi Susanti/ Boby
40 pejabat asing hadiri pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi, termasuk pemimpin Hamas (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Dalam upacara pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi di Teheran pada Rabu (22/5/2024) sore, media pemerintah menyebutkan dari 40 pejabat asing dilaporkan hadir termasuk pejabat dari Irak, Pakistan, Qatar, Turki, Mesir, Tunisia, Kuwait, Rusia, Tiongkok, Armenia dan Azerbaijan.

Menurut laporan TV Al-Arabiya yang didanai Arab Saudi, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan bin Abdullah juga akan hadir. Ini menjadi kunjungannya yang kedua ke Teheran sejak kedua negara sepakat pada tahun 2023 untuk membangun kembali hubungan setelah bertahun-tahun bermusuhan.

Pemimpin Hamas yang didukung Iran Ismail Haniyeh dan wakil ketua kelompok militan Lebanon Hizbullah Naim Qassem menghadiri pemakaman di Teheran.

“Saya di sini atas nama rakyat Palestina, atas nama faksi perlawanan di Gaza untuk menyampaikan belasungkawa kami,” kata Haniyeh kepada massa yang meneriakkan “Matilah Israel”.

Sementara Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memimpin doa di Teheran pada Rabu (22/5/2024) di pemakaman Presiden Ebrahim Raisi.

TV pemerintah menunjukkan Khamenei memimpin doa ketika puluhan ribu pelayat memadati jalan-jalan saat pemakaman di Teheran. Raisi akan dimakamkan di kota kelahirannya di Masyhad pada hari Kamis.

Peti matinya, serta peti mati Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dan pejabat lainnya yang tewas dalam kecelakaan pada Minggu (19/5/2024) di dekat perbatasan Azerbaijan, diserahkan ke kepala para pelayat yang menangis.

Seperti diketahui, Raisi dan menteri luar negerinya dinyatakan meninggal dunia ketika helikopter mereka jatuh saat melintasi daerah pegunungan dalam kabut tebal.

Hal ini diungkapkan seorang pejabat Iran kepada Reuters, Senin (20/5/2024). Pemerintah mengkonfirmasi kematian ini setelah upaya penyelamatan besar-besaran diluncurkan untuk menemukan pria berusia 63 tahun itu dan orang lain di dalamnya. Helikopter yang membawanya dan menteri luar negeri negara itu jatuh saat melintasi daerah pegunungan di barat laut Iran pada Minggu (19/5/2024).

Raisi dipandang sebagai anak didik pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Dia sebelumnya memimpin peradilan dan dikenal sebagai seorang garis keras. Dia terpilih pada tahun 2021 dalam jumlah pemilih terendah sejak berdirinya Republik Islam pada tahun 1979. Kecelakaan itu terjadi setelah Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian pada Minggu (19/5/2024) pagi meresmikan bendungan baru yang dibangun dengan negara tetangga Azerbaijan.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network