Tersiar Kabar 3 Tim yang Pemainnya Ketahuan Hirup Amonia, Bukan Cuma Uzbekistan

Reynaldi Hermawan/Boby
Ada daftar 3 tim yang pemainnya ketahuan hirup amonia di tengah pertandingan. (Foto: AFC)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-  Tersiar kabar  3 tim yang pemainnya ketahuan hirup amonia di tengah pertandingan. Salah satunya Uzbekistan.

Perlu diketahui Amonia bukan merupakan senyawa kimia yang punya bau yang sangat tajam. Meski demikian, para atlet banyak yang menggunakan bahan ini. Untuk apa?

Seperti halnya di dunia tinju, petinju yang pingsan biasa menggunakan amonia sebagai pertolongan pertama. Di dunia sepak bola, amonia dicelupkan ke kapas dan dihirup pemain untuk meningkatkan pernapasan dan performa atlet.

Senyawa ini tidak termasuk dalam daftar terlarang Organisasi Anti-Doping Dunia. Sejauh ini ada tiga negara yang pemainnya ketahuan menghirup amonia di tengah laga. Tim mana saja?

Daftar 3 tim yang pemainnya ketahuan hirup amonia:
1. Rusia

Rusia secara terang-terangan memakai amonia di Piala Dunia 2018. Hal tersebut diungkapkan langsung dokter tim Rusia, Eduard Bezuglov

"Hal ini dilakukan ratusan atlet untuk memacu diri mereka," katanya dikutip dari Marca.

"Cara ini digunakan puluhan tahun, tak cuma dalam olahraga, tapi di kehidupan sehari-hari saat kita kehilangan kesadaran atau merasa lemas," ujarnya.

2. Brasil

Juara dunia lima kali itu juga menggunakan amonia untuk meningkatkan performa pemain. Momen ini diketahui di Piala Dunia 2022 saat Brasil jumpa Korsel di fase grup.

Casemiro kala itu tertangkap kamera menyodorkan tangannya yang diketahui sudah dibaluri amonia ke Neymar. 

3. Uzbekistan

Terbaru ada Uzbekistan di Piala Asia U-23 2024 saat melawan Indonesia di semifinal. Salah satu pemain mereka Ulugbek Khoshimov terkapar usai dilanggar gelandang Garuda Muda Nathan Tjoe-A-On.

Kemudian Khosimov mendapat perawatan medis. Tapi yang menarik perhatian dia diberikan tim medis sebuah kapas yang sudah diteteskan amonia.

Setelah beberapa kali menghirup, Khoshimov langsung bugar dan kembali melanjutkan pertandingan.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network