5 Rekomendasi Wisata Karawang yang Wajib Dikunjungi

Iqbal Maulana Bahtiar
Candi Jiwa (Foto : Istimewa)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Kabupaten Karawang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak dibagian Utara Provinsi Jawa Barat. 

Dengan luas wilayah lebih dari 1.737 KM2, Kabupaten Karawang memiliki sejuta potensi dan menjadi daerah yang strategis karena letaknya diantara Ibu Kota Negara, DKI Jakarta dan Kota Bandung.

Namun, tidak banyak orang ketahui jika Kabupaten Karawang merupakan daerah yang dinamis yang kaya akan sejarah, budaya dan patiwisata.

Dengan hal tersebut, Tim iNewskarawang.id berhasil merangkup 5 destinasi wisata yang harus disambangi ketika berkunjung ke Kabupaten Karawang, Simak Selengkapnya;

1. Gunung Sanggabuana


 
Gunung Sanggabuna adalah gunung yang terdapat dalam wilayah Kabupaten Karawang. Secara administratif gunung ini berada di Desa Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Kabupaten Karawang. Ketinggian gunung ini adalah 1291 mdpl dan merupakan gunung tertinggi dan satu-satunya di Karawang.

Gunung Sanggabana terletak di perbatasan empat kabupaten, yaitu di sebelah utara ada Kabupaten Karawang, sebelah timur ada Kabupaten Purwakarta, sebelah selatan ada Kabupaten Clamjur dan sebelah barat ada Kabupaten Bogor. 

Saat ini status kawasan hutan gunung Sanggabuana masuk dalam kategori hutan produksi dan sedang diusulkan menjadi hutan lindung untuk mencegah meluasnya kerusakan hutan di wilayah tersebut.

Hutan Gunung Sanggabuana masih cukup terawat. Di hutan gunung ini, kita masih dapat menikmati pepohonan yang tumbuh liar hingga mencapai ketinggian puluhan meter yang berjejer disana. Bahkan pepohonan sebesar truk yang bila kita berdiri di pangkal pohonnya akan terlihat sangat kecil dibandingkan pohonnya, masih bisa ditemui disini dan Pohon kemenyan tumbuh liar di hutan gunung ini.
 
Selain itu, Di puncak Gunung Sanggabuana terdapat beberapa makam yang sering dikunjungi oleh para pejiarah. Salah satunya adalah makam Ki Sapujagat. 

Di puncak Gunung ini juga dapat terlihat bagian kota Karawang dan Bendungan Jatiluhur yang berada di Kabupaten Purwakarta pun terlihat jelas dari puncak Gunung Sanggabuana.

2. Puncak Sempur 

 
Destinasi wisata alam ini terletak di daerah Loji, tepatnya di Desa Cinta Laksana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. 

Dengan jarak tempuh sekitar satu jam dari pusat kota Karawang, Destinasi wisata alam ini sangat cocok diperuntukkan bagi mereka yang menyukai jenis wisata yang memacu adrenalin, seperti haiking dan juga kemping. Karena rute jalan menuju ke Puncak Sempur ini betul-betul merupakan rute tanjakan curam.

Tidak hanya itu, disana juga terdapat Saung Koffie Hideung yang letaknya tidak jauh dari Puncak Sempur. Cafe tersebut dikenal dengan cafe diatas langit, karena disana kita disuguhkan suasana ngopi diatas Gunung Sanggabuana yang diselimuti awan.

3. Curug

Kabupaten Karawang memiliki dua nama curug yang cukup terkenal, yakni Curug Cigentis dan Curug Bandung.

 
Curug Cigentis berada di ketinggian kurang lebih 1000 m di atas permukaan laut (dpl) dan memiliki Ketinggian sekitar 25 meter dengan debit air yang dipengarun curah hujan yang turun di atas kawasan tersebut, Curug Cigentis ini adalah salah satu dari Ke-7 tingkatan curug yang ada di Gunung Loji.

Adapun ke tujuh curug tersebut konon memiliki nilai sejarah berkumpulnya para wali pada jaman dahulu Kala. Curug Cigentis Terletak di Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Berjarak 44 km dari pusat kota Karawang dan dapat dilalui dengan kendaraan roda empat atau roda dua dengan kondisi jalan cor beton dan beraspal.


 
Curug Bandung, Curug yang satu ini menjadi Curug yang sangat populer dan bahkan banyak yang menyebutkan jika Curug ini merupakan wisata alam paradise Karawang. 

Apa sih yang membuat wisata ini begitu di agungkan oleh masyarakat setempat dan para wisatawan? Ya, Curug ini memiliki tujuh buah air terjun yang menjulang tinggi dengan arus air yang cukup deras. 

Berada di bawah kaki gunung loji, Ke-eksotisan inilah yang menjadikan Curug in menjadi salah satu destinasi wisata Karawang yang sangat populer dan wajib untuk didatangi untuk menikmati sensasi tujuh Curug dalam satu aliran sungai. 

Akses untuk menuju Curug ini tidaklah mudah. Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan sejauh 3 km karena letanya yang berada di dalam hutan. Namun perjalanan menuju ke lokasi wisata in akan meniadi menyenangkan karena pemandangan hutan eksotos sekaligus menambah pengalaman baru yang tak akan terlupakan. Lebih tepatnya lokasi dari Curug bandung ini beradadi desa mekarbuana, kecamatan tegalwaru, Karawang.

4. Candi


 

Siapa sangka, bukan hanya di Yogyakarta saja yang memiliki candi, di Kabupaten Karawang juga terdapat kawasan cagar budaya percandian yang terletak di wilayah Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, Kabupaten Karawang.

Sedikitnya ada 47 titik candi yang tersebar di area percandian Batujaya. Dan besar kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah karena saat ini masih dalam tahap eskavasi. Dan berikut 4 candi yang terkenal di Kabupaten Karawang, yakni : 
- Candi Jiwa atau Candi Batujaya I
- Candi Blandongan atau Candi Batujaya V
- Candi Serut atau Candi Batujaya VII
- Candi sumur atau Candi Batujaya VIII

Bahkan, Candi Jiwa merupakan salah satu candi peninggalan agama Budha yang usianya diprediksi lebih tua dari Candi Borobudur di Magelang. Yang diperkirakan Candi tersebut dibangun antara abad ke-2 hingga abad ke-12 Masehi.

5. Pantai Tanjung Pakis

Pantai ini menjadi tempat wisata di Karawang dan sekitarnya yang terkenal dan banyak di Kunjungi wisatawan pada saat weekend ataupun libur nasional. 

Pantai Tanjung Pakis berlokasi di kecamatan pakisjaya, Karawang. Jika ditempuh dari pusat kota harus menempuh perjalanan 70 km. Tapi semua Kepenatan dalam melakukan perjalanan akan terbayarkan setelah sampai ke lokasi pantai Tanjung Pakis. 

Selain itu, disana juga terdapat beberapa fasilitas penunjang yang membuat bermain di pantai menjadi mengasyikan, seperti persewaan papa seluncuran dan juga pelampung balon besar. 

Dan pengunjung pun tidak usah repot membawa bekal sendiri, karena di tepian pantai banyak yang menjual aneka Kuliner hasil laut yang sangat lezat tentunya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network