Rayakan Hari Anak di Karawang, Begini Pesan Kadis DP3AKB Jabar

Iqbal Maulana Bahtiar
Peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Kabupaten Karawang di Yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Nurtijani, dengan tema 'Anak Terlindungi Indonesia Maju'. ( Foto: iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Puncak peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Karawang 2023 di gelar di Yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Nurtijani, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Jumat,(4/8/2023)

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) tersebut mengusung tema "Anak Terlindungi Indonesia Maju".

Pada kegiatan yang dihadiri lebih dari ribuan siswa sekolah dasar itu dihadiri langsung oleh Kepala DP3AKB Jawa Barat I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana beserta jajaran forkopimda Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya, Kepala DP3AKB Jawa Barat, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka mengapresiasi Kabupaten Karawang dalam perayaan puncak HAN 2023 tingkat Kabupaten yang dilaksanakan secara khusus Di LKSA.

Lebih lanjut, kata Wiyati Oka, dalam perayaan HAN ini harus dijadikan momentum dimana semua kalangan harus bisa mendengar suara para tauladan muda serta melibatkan anak dalam perkembangan suatu daerah.

"Mereka inilah yang akan menjadi Pemimpin-pemimpin yang akan menggantikan kita. Dan itu semua harus kita persiapkan dengan baik sejak dini, karena pembangunan anak yang berbasis keluarga baru bisa kita lihat dan itu melalui proses Mungkin 5-10 tahun ke depan Bahkan berpuluh-puluh tahun kemudian hasilnya," kata Wiyati Oka, Jumat,(4/8/2023)

Sambunya, di peringatan HAN 2023 ini, pemerintah harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat luas bahwa anak harus mendapatkan haknya secara penuh. 

"Hak mereka semua itu totalnya ada 31. Jadi semuanya harus mereka dapatkan demi menanamkan Keimanan, kemudian juga Kepribadian, kecerdasan Keterampilan, jiwa Dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani untuk tumbuh dan berkembang Menjadi manusia yang benar-benar bersusila, cerdas dan juga bertakwad pada Tuhan Yang Maha Esa," Imbuhnya

Senada dengan Wiyati Oka, Kepala DP3A Karawang M Ridwan Salam dalam kesempatan tersebut meminta kepada seluruh stakeholder di Kabupaten Karawang agar dapat bersinergi dalam membangun serta memberikan hak terhadap anak.

"HAN 2023 ini bukan hanya bicara soal perlindungan anak, melainkan bagaimana melindungi hak anak dari lahir, pengakuan negara serta kesejahteraan. Dan hal itu bukan hanya tugas dari dp3a, melainkan semua dinas harus bersinergi demi mempersiapkan generasi yang akan mengisi di masa Indonesia Emas 2045," ungkapnya

Sementara itu, Bupati Karawang dalam sambutannya mengungkapkan persoalan pelindungan dan pemenuhan hak anak bukan hanya dari kebutuhan gizinya saja, melainkan dari mulai lahir hingga beranjak dewasa harus dipersiapkan sejak dini.

"Persiapan sejak awal mereka dilahirkan, itu harus mendapatkan pelayanan yang baik dari rumah sakit. Kemudian pendidikan, mereka minimal wajib mengenyam pendidikan 12 tahun. Dan pekerjaan, mereka harus mendapatkan pekerjaan yang layak. Dan itu semua harus sudah kita siapkan jauh-jauh hari," ujarnya. 

Dengan perayaan HAN 2023 ini, Ia menegaskan kepada seluruh stakeholder di Karawang agar anak-anak di Kabupaten Karawang mendapatkan haknya secara utuh. 

"Mereka bisa meraih impian dan cita-cita mereka, tanpa mereka memiliki rasa minder dalam diri mereka. Karena ini adalah kewajiban pemerintah daerah. Semua harus bersinergi karena ini investasi jangka panjang dan akan terasa di 10 hingga 15 tahun mendatang," tandasnya

Dari pantauan pewarta, dalam perayaan puncak HAN tingkat Kabupaten Karawang 2023 digelar secara meriah. 

Tidak hanya mengangkat kesenian serta kreativitas anak, dalam giat tersebut juga Bupati Karawang melalui DP3A melaunching bantuan bagi anak terlantar tahap 1 sebesar Rp. 2,991 Miliar kepada 48 LKSA di Karawang.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network