get app
inews
Aa Read Next : Pesan Bupati Aep Saat Peringatan Hari Anak di Karawang : Jadilah Pelindung dan Pembimbing Bagi Anak

Pesan Jokowi di HAN 2023 : Seluruh Anak Indonesia Harus Terlindungi

Minggu, 23 Juli 2023 | 15:07 WIB
header img
Presiden Jokowi/Biro Setpres

JAKARTA , iNewskarawang.id - Generasi terbaik bangsa terlahir dari zaman yang memberikan tempat untuk anak tumbuh bebas, cerdas, dan ceria.

Demikian pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Hari Anak Nasional yang diperingati hari ini, 23 Juli 2023.

Melalui akun Twitter pribadinya, Minggu (23/7/2023), Presiden Jokowi mengatakan, generasi terbaik bangsa selalu lahir dari zaman yang memberi tempat yang lapang bagi setiap anak untuk bertumbuh bebas, cerdas, dan ceria.

Jokowi meminta agar anak-anak Indonesia terlindungi. Ia juga mengingatkan kepada seluruh elemen bangsa agar memberikan anak-anak Indonesia untuk berkembang.

"Perlindungan dan kesempatan bagi anak untuk berkembang adalah pertaruhan masa depan bangsa," tutup Jokowi.

Sekadar informasi, 23 Juli ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional. Hari Anak Nasional ditetapkan dalam rangka untuk memberikan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Namun memang, angka kekerasan terhadap anak-anak masih tinggi dalam beberapa tahun belakangan ini. Bukan hanya itu, masih ada anak-anak yang tumbuh dan hidup tidak dalam lingkungan yang semestinya.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Pusat mencatat, terdapat 1.600-an laporan berkaitan dengan kasus anak sepanjang tahun 2023 atau dari Januari sampai Juni 2023. Dari jumlah itu, sebanyak 400-an kasus merupakan kasus seksual terhadap anak.

Selanjutnya, KPAI juga mendata ada kasus asusila, kasus kekerasan dan kasus perundungan kepada anak. Oleh karenanya, KPAI menyatakan bahwa kasus kekerasan pada anak sudah masuk dalam tahap darurat dan mengkhawatirkan.

"Fenomena kekerasan terhadap anak merupakan fenomena global dan dunia mengalami. Ribuan aduan sudah kami terima. Kami meyakini di luar tentu masih banyak kasus yang belum terungkap," kata Wakil Ketua KPAI, Jasra Putra.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut