Kasus Omicron Terus Bertambah, Satu RW di Jakbar Lockdown

Indra Purnomo
Ilustrasi. (Foto: Okezone/ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan tracing menyusul temuan 36 kasus Covid-19. Salah satunya suspek omicron di kawasan Kelurahan Krukut, Tamansari, Jakarta Barat.

"Ya masih tracing terus, tracing masih terus dilakukan, hari ini masih terus dilakukan. Kemudian, dari hasil sebelumnya yang positif sudah diisolasi," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, Senin (10/1/2022).

Dwi menambahkan, di kawasan tersebut dilakukan mikro lockdown di satu RW. Upaya ini dilakukan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 varian omicron.

 "Kemudian, dari wiayah dilakukan micro lockdown yang dikelola pimpinan setempat dan masyarakat di sana," jelasnya.

"Total (red-kasus) dari yang saya ikuti (red-hingga) kemarin sebanyak 36 kasus. Salah satunya merupakan ibu hamil dan sudah dirujuk ke rumah sakit," sambungnya.

Dwi membeberkan, kasus di Krukut merupakan transmisi lokal, karena suspek pertama berisinial R tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.
 
Dia melanjutkan, kemungkinan suspek R yang merupakan ibu-ibu tertular dari suspek lain yang positif omicron dengan gejala ringan, sehingga penularan yang terjadi tidak disadari oleh yang bersangkutan.

Dwi mengungkapkan, bahwa suspek R beserta tetangga di lingkungan RT sempat bepergian pada awal Desember 2021. Selanjutnya, suspek R mulai memiliki keluhan kesehatan pada pekan terakhir Desember 2021.

 "Tapi diketahui mengalami keluhan pada beberapa pekan terakhir Desember," ujarnya.
 
Diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan kasus omicron di Ibu Kota meningkat menjadi 407 orang. Dari jumlah itu 350 orang merupakan pelaku perjalanan luar negeri, dan 57 transmisi lokal.

 “Masyarakat diimbau untuk mewaspadai penularan virus varian omicron yang kini meningkat di Jakarta. Dari 407 orang yang terinfeksi, 86,0 persennya atau sebanyak 350 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 57 lainnya adalah transmisi lokal,” tulis siaran pers PPID DKI Jakarta, Minggu 9 Januari 2022

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network