5 Deretan Makanan yang Membuat Kulit Cerah, Salah Satunya Tomat

Adinda Fahrani , Okezone
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Perawatan kecantikan untuk mendapatkan kulit yang bersih, sehat dan cerah tidak hanya dapat menggunakan produk mahal saja. Namun, bahan alami juga dapat membantu mencerahkan kulit dari dalam tubuh. Salah satunya mengubah pola makan serta memilih adupan makanan

Meskipun terkadang krim, serum dan obat mujarab untuk mendukung kesehatan dermis. Namun, seorang ahli naturopati dan nutrisi kulit, Madeline Calfas mengatakan bahwa makanan yang kamu makan bisa dibilang berpengaruh penting untuk kulit loh.

Selain suplemen dan produk perawatan kulit, kamu juga harus memperhatikan pola makan yang baik. Berikut beberapa makanan penting yang akan memberikan manfaat untuk kulit menjadi bernutrisi, seperti dilansir dari laman News.com.au.

Sayuran hijau tua

Sulforaphane memang terbukti secara ilmiah membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Sulforaphane juga membantu mengendalikan peradangan dan stres oksidatif, serta menjaga produksi kolagen di kulit dan dapat mengurangi ketebalan lapisan kulit. 

Sulforaphane dapat menetralkan racun dalam tubuh dan jika kamu tidak dapat mendetoksifikasi atau membuang kelebihan estrogen secara efektif, kamu mungkin mulai mengalami masalah hormonal, termasuk dengan kulitmu.

Kacang Brasil

Memakan satu atau dua buah kacang brazil dalam sehari akan memberikan asupan selenium lebih dari yang direkomendasikan. Mineral dengan sifat antioksidan yang membantu mencegah kerusakan terkait stres oksidatif pada kulit, disebabkan oleh polusi, bahan kimia tertentu, paparan sinar matahari dan racun lingkungan.

Stres oksidatif ini umumnya tidak muncul sampai kamu bertambah tua. Memastikan asupan selenium yang cukup dapat membantu kulit kamu melindungi diri dari jenis kerusakan jangka panjang ini.

Merendam kacang semalaman dalam air asin akan memungkinkan pencernaan lebih mudah dan penyerapan nutrisi yang tersedia lebih besar.

Blueberry

Blueberry dikemas dengan vitamin c dan antioksidan seperti selenium. Kolagen mengandalkan vitamin C sebagai nutrisi penting, dan keduanya bekerja sama dengan baik untuk membantu mencegah kerusakan kulit.

Tomat

Selain folat, vitamin C, dan potasium, tomat juga mengandung likopen. Antioksidan ini telah terbukti secara ilmiah untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, khususnya kerusakan akibat sinar UVA.

Likopen adalah astringent alami, artinya menyebabkan kulit berkontraksi, diketahui membantu mengecilkan pori-pori dan juga dapat membantu mengatasi perubahan tekstur, garis halus, serta kerutan.

Likopen ditemukan di banyak buah dan sayuran merah, seperti tomat, jambu biji, capsicum merah, semangka, dan grapefruit juga merupakan sumber yang bagus.

Protein

Ikan, daging, unggas, dan telur, semuanya mengandung asam amino glisin, prolin, dan hidroksiprolin, yang merupakan bahan penyusun yang dibutuhkan untuk membuat kolagen.

Kolagen inilah yang membuat kulit kamu kuat dan tangguh serta mampu menahan peregangan. Seiring bertambahnya usia, kemampuan kamu untuk memproduksi kolagen mulai melambat, itulah sebabnya kulit mulai kendur. Namun, dengan memenuhi nutrisi yang merangsang kolagen, kamu dapat membantu mengurangi efeknya.

Naturopath dan ahli gizi Madeline Calfas membeberkan tiga makanan yang harus dihindari jika ingin kulit sehat mulus.

Gula

Kadar tinggi jenis gula termasuk fruktosa, sirup maple, agave, dan semua alternatif gula tidak murni lainnya dapat meningkatkan peradangan. Gula itu sendiri bukanlah larangan, pastikan untuk memilikinya dalam jumlah sedang.

Makanan yang digoreng

Makanan ini sering kali dimasak dengan minyak murah berkualitas buruk yang biasanya dipanaskan berulang kali. Hal ini memiliki efek peradangan pada tubuh, 

Alkohol

Alkohol menekan hormon antidiuretik (ADH) kamu. Hormon ini mengatur kadar air dalam tubuh dan mencegah mengalami dehidrasi. Semakin dehidrasi kulit semakin terlihat kerutan dan garis-garisnya.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 5 Makanan yang Bisa Bikin Kulit Cerah Bersinar, Gak Perlu Perawatan Mahal

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network