Simak Tanda-tanda Kehamilan Muda, Salah Satunya Mudah Lelah

Azizah Refifa Aqsha/ Net
Ilustrasi Kehamilan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id- Kehamilan muda memiliki ciri-ciri yang dapat dirasakan oleh perempuan hamil. Pada usia kehamilan  trimester 1-12 minggu pertama pada kehamilan nya. Pada trimester awal perempuan akan merasakan beberapa ciri-ciri kehamilan salah satunya mudah lelah. Namun tidak semua perempuan memiliki ciri-ciri yang sama saat hamil muda. Untuk itu kita simak ciri-ciri hamil muda pada perempuan.

Mudah Lelah

Pada awal kehamilan, para calon ibu biasanya merasa muda lelah walaupun tidak memiliki banyak aktivitas. Kondisi ini dikarenakan sebagaian dari energi dialihkan untuk membangun suatu plasenta dan kebutuhan janin dalam kandungan perempuan.

Keputihan Meningkat

Ciri-ciri hamil muda juga ditandai dengan jumlah keputihan yang meningkat dari biasanya. Ciri-ciri keputihan hamil muda yaitu berwarna keputihan atau bening, tidak berbau dan encer.
Payudara Membesar

Perubahan hormon di masa awal kehamilan menyebabkan payudara calon ibu terlihat lebih besar dan terasa nyeri bila disentuh. Namun perubahan ini biasanya kan mereda setelah tubuh calon ibu sudah menyesuaikan diri dengan perubahan hormon yang terjadi. Hal ini merupakan proses alami sebagai persiapan untuk menyusui calon bayi kelak.

Sensitif dengan Bau

Pada saat hamil muda Indra penciuman wanita hamil biasanya akan lebih sensitif dibandingkan biasanya. Calon ibu biasanya lebih peka dan risih terhadap bau tidak sedap. Hal ini disebabkan karena peningkatan kadar estrogen didalam tubuh

Pusing
Peningkatan kadar darah dan perubahan hormon estrogen dan progesteron menyebabkan wanita hamil muda sering merasa pusing dan sakit kepala. Untuk itu tidak disarankan untuk melakukan aktivitas berat saat sedang hamil.

Nyeri Panggul

Nyeri panggul sering dirasakan oleh seorang wanita ketika datang bulan, namun rasa nyeri pinggul ini juga bisa menjadi ciri-ciri hamil muda. Pada saat hamil muda ovarium akan melepaskan sel telur didalam tubuh. Oleh karena itu wanita yang sedang hamil muda akan merasakan rasa nyeri ovulasi.

Sering Buang Air Kecil

Wanita pada masa awal kehamilan kuantitas buang air kecil akan meningkat. Hal ini disebabkan karena peningkatan hormon hCG (human chorionic gonadotropin), yaitu salah satu hormon yang menyebabkan bertambahnya produksi urine disertai pembesaran ukuran rahim.

Jerawat

Kemunculan jerawat bisa menjadi salah satu ciri-ciri hamil muda. Kondisi ini disebabkan karena minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous sehingga dapat menyumbat pori-pori dan menjadi tempat untuk tumbuhnya bakteri sehingga dapat menimbulkan jerawat.

Perut Kembung

Ciri-ciri hamil muda juga ditandai dengan mual. Calon ibu juga akan merasakan perut kembung yang disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron yang dapat memperlambat proses pencernaan. Kondisi ini biasanya disertai sering sendawa hingga kentut.

Mudah Merasa Haus

Kondisi ini dapat terjadi karena terjadinya peningkatan volume darah da kuantitas buang air kecil yang berlebihan.

Pregnancy Glow

Ciri-ciri hamil muda yang berikut ini pastinya hal yang diinginkan oleh calon ibu. Pregnancy glow yaitu istilah untuk menggambarkan kondisi dimana kulit wanita hamil yang terlihat lebih sehat dan merona. Pregnancy glow terjadi akibat peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron sehingga kelenjar kulit akan memproduksi lebih banyak minyak dan sebum.

Suhu Basal Meningkat

Suhu basal yakni suhu tubuh yang didapat ketika beristirahat total atau tertidur. Untuk mengukur suhu basal biasanya dilakukan di pagi hari ketika bangun tidur. Merujuk dari Whattoecpect, di masa awal kehamilan suhu basal wanita hamil akan meningkat sekitar 1 derajat celcius

Tekanan Darah Tinggi

Sebagian ibu hamil akan mengalami tekanan darah tinggi saat hamil muda. Hal ini disebabkan karena terjadinya pelebaran pembuluh darah.  Kondisi juga dapat terjadi disaat hamil tua.

Area sekitar puting menghitam

Dilansir dari American Pregnancy Association (APA), Areola dan puting wanita hamil akan berubah menjadi lebih gelap karena perubahan hormon.

Suasana hati mudah berubah

Ibu hamil akan sering mengalami perubahan suasana hati atau mood swing. Kondisi ini terjadi karena peningkatan jumlah hormon estrogen dan progesteron secara signifikan. Akibatnya hal ini akan mempengaruhi zat kimia di otak yang bertugas mengatur suasana hati. Pada kondisi ini calon ibu mudah merasa sedih, menangis, dan marah-marah.

Nah, itu ciri-ciri hamil muda yang harus diketahui oleh calon ibu agar dapat mempersiapkan diri saat kehamilan.

Editor : Faizol Yuhri

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network