get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Kedua Mempelai Terharu

Semua Kepala Negara Pusing, Pandemi Belum Rampung Ditambah Perang Ukraina. Ini Kata Jokowi

Sabtu, 11 Juni 2022 | 08:11 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

Saat ini semua negara memiliki masalah yang sama. Semua negara dipusingkan dengan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan hal itu dalam sambutannya pada HUT 50 HIPMI yang disiarkan YouTube HIPMI TV, Jumat (10/6/2022).

Menurut Jokowi, kita ini sekarang sudah betul-betul semua kepala negara  dipastikan pusing.  

"Semuanya urusan pemulihan ekonomi karena pandemi belum selesai, belum rampung. Ditambah lagi perang di Ukraina," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi saat ini sudah diturunkan oleh bank dunia utamanya di negara-negara berkembang. Dari yang sebelumnya 6,6 persen proyeksi di 2022 diturunkan menjadi 3,4 persen.

"Anjlok betul, dan kita alhamdulilah di kuartal pertama kemarin masih bisa tumbuh 5,01 persen. gak ada negara G20 itu yang tumbuh 5,01, hati-hati juga ini yang menjadi momok semua negara sekarang ini adalah inflasi, jadi momok semua negara," jelasnya

Jokowi mengungkapkan bahwa saat ini beberapa negara tengah mengalami inflasi. Dirinya memperkirakan adanya 60 negara yang akan mengalami kesulitan jika gagal dalam mengatasi masalah ekonomi.

"Jangan sampai kita merasa normal padahal keadaannya pada situasi yang tidak normal, ketidakpastian ini yang harus kita jaga semua," ungkapnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut