get app
inews
Aa Read Next : Berikut Penyebab Safira Dwi Meilani Gagal Raih Mendali Emas di SEA Games 2023

Indonesia di Posisi 3, Klasemen Sementara Perolehan Medali SEA Games 2021

Kamis, 12 Mei 2022 | 17:08 WIB
header img
Berikut klasemen sementara perolehan medali SEA Games 2021, Kamis 12 Mei 2022. Dalam foto ini, atlet pencak silat Indonesia menunjukan medali emasnya. (Foto: NOC Indonesia)

Kontingen tuan rumah, Vietnam, masih berada di puncak klasemen sementara perolehan medali SEA Games 2021, Kamis (12/5/2022) hingga pukul 13.00 WIB.

Vietnam sebagai tuan rumah sudah mengoleksi 27 medali, dengan rincian 10 emas, tujuh perak dan 10 perunggu.

Posisi dua ditempati Malaysia dengan sembilan emas, tiga perak dan sembilan perunggu

Malaysia merupakan negara pertama yang merebut emas di SEA Games 2021. Mereka mendapatkannya dari cabang olahraga loncat indah.

Posisi tiga ada Indonesia dengan koleksi tiga emas, empat perak dan satu perunggu. Sebanyak tiga emas kontingen Indonesia diraup dari cabang olahraga dayung (dua emas) dan pencak silat (satu emas).

Jika berada di posisi ini sampai akhir, pencapaian ini sesuai dengan target yang dicanangkan presiden Joko Widodo.

Sementara itu biasanya, negara yang berstatus sebagai tuan rumah kerap keluar sebagai juara umum. Terbaru di SEA Games 2019 yang dilangsungkan di Manila, Filipina.

Di atas kertas, prestasi olahraga Filipina tak lebih baik ketimbang Thailand, Vietnam, Indonesia hingga Malaysia. Namun, Filipina keluar sebagai juara umum SEA Games 2019 dengan koleksi 149 emas, 117 perak dan 121 perunggu.

Filipina jauh mengungguli Vietnam di posisi dua dengan raihan 98 emas, 85 perak dan 105 perunggu. Biasanya, tuan rumah keluar sebagai juara selain efek dukungan suporter, juga diuntungkan pemilihan cabang olahraga yang dimainkan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut