get app
inews
Aa Read Next : Yuk Simak 5 Makanan Berkarbohidrat Tinggi yang Menyehatkan Tubuh

Simak Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Selasa, 19 April 2022 | 15:08 WIB
header img
Manfaat madu. (Foto: Self Hacked)

Artikel ini akan membahas mengenai manfaat madu. Madu memiliki cita rasa manis dan memiliki beragam manfaat pada kesehatan tubuh. Madu dapat meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan imunitas tubuh, membantu meredakan batuk hingga menjaga kesehatan jantung.

Madu sangat baik di konsumsi saat bulan Ramadhan terutama pada waktu berbuka puasa karena kaya akan nutrisi dan menyehatkan tubuh.

Manfaat madu untuk kesehatan didapat dari kandungan nutrisinya yang beragam. Di samping gula yang membuatnya terasa manis, madu mengandung banyak sekali senyawa aktif, seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. Dikutip dari healthline, berikut manfaat madu:

1. Sumber antioksidan yang baik

Madu mengandung berbagai bahan kimia tumbuhan yang bertindak sebagai antioksidan. Beberapa jenis madu memiliki antioksidan setara buah dan sayuran. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan dan perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam madu yang disebut polifenol dapat berperan dalam mencegah penyakit jantung.

2. Meredakan sakit tenggorokan 

Madu adalah obat sakit tenggorokan. Tambahkan ke teh panas dengan lemon saat virus flu menyerang Anda. Ia juga bekerja sebagai pereda batuk. Penelitian menunjukkan bahwa madu sama efektifnya dengan dekstrometorfan, bahan umum dalam obat batuk yang dijual bebas.

3. Sifat antibakteri dan anti jamur

Madu dapat membunuh bakteri dan jamur yang merugikan. Madu secara alami mengandung hidrogen peroksida, antiseptik. Dibandingkan obat tradisional lainnya, madu lebih baik dan sangat efektif sebagai anti bakteri atau anti jamur.

4. Menyembuhkan luka

Madu digunakan dalam medis untuk mengobati luka, karena terbukti menjadi pembunuh kuman yang efektif dan juga membantu regenerasi jaringan. Studi menunjukkan bahwa madu dapat mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi infeksi.

5. Bantuan untuk masalah pencernaan

Madu terkadang digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare, meskipun tidak banyak penelitian yang menunjukkan bahwa madu berhasil. Ini terbukti efektif sebagai pengobatan untuk bakteri Helicobacter pylori (H. pylori), meskipun, penyebab umum tukak lambung. 

Ini juga merupakan prebiotik yang kuat, artinya memelihara bakteri baik yang hidup di usus, yang sangat penting tidak hanya untuk pencernaan tetapi juga kesehatan secara keseluruhan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut