get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Pernah Mualaf hingga Dituding Murtad, Ini Agama Tamara Bleszynski

Senin, 11 April 2022 | 16:21 WIB
header img
Tamara Bleszynski. (Foto: Okezone/ist)

JAKARTA, iNews.id - Fakta Tamara Bleszynski mualaf dimulai pada 1995. Kala itu, sang aktris mulai memiliki ketertarikan dengan Islam, agama yang dianut ibunya. Keinginan mempelajari Islam semakin kencang ketika dia menempuh pendidikan di Australia.

Mantan istri Mike Lewis itu lahir di keluarga beda agama. Sang ayah, Zbigniew Bleszynski berasal dari Polandia dan penganut agama Katolik. Sementara ibunya, Farida Gasik berdarah Sunda dan beragama Islam.

Ketika kedua orangtuanya bercerai pada 1981, Tamara yang kala itu masih berusia 7 tahun menjadi rebutan. Namun pengadilan kemudian menyerahkan hak asuh sang aktris kepada ayahnya, Zbigniew. Di bawah pengasuhan sang ayah, Tamara Bleszynski dibesarkan dalam iman Katolik.

Namun di usia remaja, saat menuntut ilmu di Australia, dia mengaku mendapat hidayah untuk memeluk agama Islam. Berikut adalah lima fakta di balik keputusan aktris 47 itu menjadi mualaf, seperti dikutip dari situs Masuk Islam, Senin (11/4/2022).

1. Bulan Sabit di Langit Australia

Perjalanan Tamara Bleszynski menjadi mualaf dimulai saat dia bersekolah di Australia. Suatu sore, saat berkumpul bersama teman-temannya di halaman sekolah, dia melihat ke langit dan melihat bulan sabit dikelilingi bintang.

“Saya menyadari bahwa pemandangan menakjubkan tersebut sebenarnya sering saya lihat di Indonesia. Ternyata bentuk bulan sabit yang saya lihat itu adalah lambang yang terdapat di kubah atau menara masjid,” tuturnya.

Tamara menambahkan, “Pemandangan itulah yang mengantarkan saya kepada Islam. saya bersyukur dapat hidayah-Nya justru saat berada jauh di negeri orang. Sejak kejadian itu saya tertarik untuk mengetahui Islam lebih dalam.”

2. Proses Belajar

Setelah penglihatan itu, Tamara Bleszynski semakin tertarik untuk mengenal Islam lebih dalam. Alasan lain yang membuat dirinya jatuh cinta pada agama tersebut adalah ketaatan para pemeluknya.

Akhirnya, Tamara mulai mempelajari Alquran dan membaca banyak buku kisah para nabi. “Setelah melalui proses pengamatan dan belajar selama beberapa bulan, akhirnya saya putuskan untuk memeluk agama Islam,” katanya.

3. Keputusan Jadi Mualaf

Setelah yakin, Tamara Bleszynski kemudian mengungkapkan keputusannya itu kepada kedua orangtuanya. Sang ibu yang memang seorang muslim, menyambut baik keinginan putrinya tersebut.

“Di lain pihak, papa tidak menghalangi niat baik saya. Beliau berusaha menerima dan mendukung keputusan saya. Mereka adalah orangtua yang sangat demokratis,” tuturnya lagi.

Tinggal lama di Indonesia, membuat mendiang Zbigniew Bleszynski memiliki toleransi sangat tinggi terhadap umat muslim. Dia bahkan kerap menyumbang untuk pembangunan masjid dan membagikan makanan selama Ramadhan.

4. Perjuangan Belajar Shalat

Setelah resmi menjadi mualaf, Tamara Bleszynski mengaku, tidak mudah menjalankan agama barunya. Tantangan terbesar yang dihadapinya adalah shalat. Untuk bisa cepat memahami gerakan shalat, dia membaca buku berisi tuntunan shalat.

“Tak sampai 1 bulan, saya sudah hafal semua bacaan dan gerakan salat. Alhamdulillah, saya sudah bisa menjalankan salat lima waktu,” tuturnya.

5. Isu Tinggalkan Islam

Tamara Bleszynski yang kini menetap di Bali, sudah tak terlalu aktif di layar kaca. Dia memilih fokus mengembangkan bisnis kuliner sembari membesarkan anaknya.

Dia juga aktif dalam misi kemanusian bersama Yayasan Solemen Indonesia yang fokus menolong anak-anak kurang beruntung di Bali.

Pertengahan 2021, Tamara sempat diduga kembali ke agama semula setelah mengunggah foto di dalam gereja. Unggahan itu sempat membuat heboh yang membuat sang aktris merasa perlu untuk mengklarifikasinya.

“Banyak yang bertanya apa kepercayaanku. Jawabku adalah cinta kasih. Jika sudah bicara cinta dan kasih, apapun golonganmu bantulah sesama manusia ciptaan-Nya,” ujarnya pada 13 Juli 2021.

Tamara Bleszynski seakan menegaskan masih konsisten dengan pilihannya menganut Islam dengan membagikan foto lawasnya dalam balutan hijab putih. Foto itu diambil saat putra sulungnya, Teuku Rassya masih kecil.

Berita ini sudah tayang di Okezone.com.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut