get app
inews
Aa Read Next : 5 Kombinasi Makanan Berbuka Bagi Muslim yang Berpuasa

Deretan Menu Buka Puasa Terunik di Dunia

Sabtu, 09 April 2022 | 12:02 WIB
header img
Menu buka puasa terunik di dunia.(Foto: The Happy Foodie)

Artikel ini akan membahas mengenai menu buka puasa terunik yang ada di dunia. Tradisi menu buka puasa yang ada di dunia tentunya berbeda-beda dalam setiap negara.

Sebagian negara mengawali buka puasa dengan makanan yang ringan seperti gorengan, kolak dan sebagainya. Namun, sebagian negara lainnya terbiasa berbuka puasa dengan menu makanan berat seperti makan nasi, sayur daging dan sebagainya.

Jika Indonesia punya gorengan dan kolak, lalu seperti apa menu buka puasa umat Muslim di negara lain? Merangkum National Geographic dan Bahath, Jumat (8/4/2022) yuk intip ulasan singkat menu buka puasa unik di berbagai negara di dunia.

1. Moi Moi

Merupakan menu buka puasa khas dari Nigeria. Bukan terbuat dari susu atau fla, uniknya pudding gurih ini terbuat dari kacang polong atau kacang madu yang dihaluskan dan dicampur dengan telur, daging sapi, ikan, atau udang. Baru kemudian dicampur lagi dengan paprika Romano, scotch bonnet, bawang dan air. Dibungkus dalam daun pisang lalu dikukus hingga matang.

2. Harees

Menu buka puasa yang biasa terhidang di rumah-rumah penduduk Uni Emirat Arab. Jika orang Indonesia makan bubur asin sebagai menu sarapan, di sini bubur asin bernama Harees ini disantap sebagai menu buka puasa. Bubur gandum berisi daging domba atau ayam, yang proses memasaknya membutuhkam waktu semalaman karena gandum harus direndam. Daging dan tulang juga harus direbus selama empat jam atau lebih.

3. Couscous

Menu buka puasa unik dan estetik dari Moroko ini adalah sajian daging, sejumlah sayuran berbeda yang dikombinasikan dengan buncis. Uniknya, secara tradisional masyarakat Maroko menyajikan menu satu ini pada hari Jumat, maka dari itu disebut sebagai 'Friday Couscous'.

4. Nafaqo

Menu buka puasa satu ini berasal dari Somalia. Bentuknya seperti baso goreng, tapi Nafaqo sendiri adalah kentang bulat berisi telur rebus yang dimasak dengan teknis khusus. Di beberapa daerah, ada juga yang mengganti kentang dengan daging giling.

5. Ingera

Menu buka puasa umat Muslim di Ethiopia satu ini punya visual cantik yang memanjakan mata. Berukuran besar cocok untuk menu makan satu keluarga besar dan disajikan bersama aneka ragam saus cocolan. Mulai dari daging hingga sayur bayam.

6. Ayam Masak Merah

Biasanya keluar sebagai hidangan khas Lebaran di Malaysia. Tapi beberapa orang memilih menyajikan Ayam Masak Merahs sebagai menu buka puasa. Meski visual mirip ayam kari, tapi sebetulnya ayam masak merah satu ini punya cita rasa dan tekstur yang sangat berbeda dari ayam kari.

7. Fata

Bingung mau makan roti, daging atau nasi? Nah, Fata yang merupakan menu buka puasa khas di Mesir. Ya, uniknya Fata menggabungkan semuanya, nasi, roti yang garing, dan daging sebagai sumber protein. Nasi diberi toping irisan daging domba, diberi roti lalu disiram saus merah di atasnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut