BPBD Karawang Minta Warga Tetap Waspada, Cuaca Ekstrem Melanda Sejumlah Wilayah

Iqbal Maulana Bachtiar
.
Kamis, 07 April 2022 | 19:29 WIB
Kondisi rumah warga akibat angin puting beliung. (Foto: iNews Karawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

Karawang, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, mengingat cuaca ekstrem yang saat ini sedang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang. 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, berdasarkan analisis dan prospek cuaca mingguan yang dikeluarkan oleh BMKG, kondisi dinamika atmosfer untuk wilayah Jawa Barat pada periode seminggu terakhir dipengaruhi oleh fenomena global, yakni fenomena La Nina yang masih mengindikasikan adanya peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia. Kamis, (7/4/2022)

"Tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya angin puting beliung dan hujan es pada siang hingga sore hari,"ujarnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan, pada kondisi tersebut disertai tanda pemanasan kuat yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif. 

"Kondisi tersebut ditandai dengan pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif dengan dasar awan yang gelap, puncak awan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya,” tuturnya (7/4/2022). 

Kemudian, Ia juga mengungkapkan, untuk bencana angin puting beliung yang terjadi di dua wilayah Kabupaten Karawang tepatnya di Kecamatan Karawang Barat dan Pakisjaya pada Rabu (6/4/2022) sore, pihaknya telah melakukan upaya assesment ke lokasi kejadian bersama Aparatur Desa, Muspika, Danposramil, PSM, Tagana dan KTP. 

“Bantuan telah diberikan seperti logistik, selimut, peralatan dapur dan lain-lain. Untuk kerusakan yang terjadi di wilayah Pakisjaya ada dua rumah yang mengalami rusak berat dan di wilayah Karawang Barat satu rumah rusak berat. Alhamdulilah tidak ada koban jiwa maupun korban luka,”pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini