get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Rumah Sakit Mandaya Gelar Corporate Gathering, Edukasi Pelayanan Kesehatan

Selasa, 29 Maret 2022 | 19:30 WIB
header img
Corporate Gathering 2022 Mandaya Hospital di Hotel Swiss-belinn Karawang (Foto : iNewskarawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

Karawang, iNews.id - Rumah Sakit Mandaya Karawang menggelar Corporate Gathering 2022 di Hotel Swiss-Belinn Karawang dengan mengusung tema 'Membangun Sinergi Melalui Kerjasama Layanan Kesehatan dengan Layanan Jaminan Sosial', Selasa (29/3/2022).

Dalam pelaksanaannya, acara tersebut dikemas dengan bentuk edukasi pelayanan kesehatan dan sosialisasi program Jaminan Kecelakaan Kerja, dengan menghadirkan para ahli di bidangnya. Diantaranya, Dokter spesialis Ortopedi & Traumatologi Mandaya Hospital Karawang, Bayu Antara Hadi, Kepala Cabang BPJS TK Karawang, R Edy Suryono, mewakili Jasa Raharja Karawang, I GPN Arga G dan Kanit Laka Polres Karawang, Ipda Aan J. Dan pada acara tersebut turut dihadiri oleh 150 peserta yang berasal dari kalangan HRD di kawasan industri Karawang dan sekitarnya.

Pada kesempatan tersebut, Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi Mandaya Hospital Karawang, Bayu Antara Hadi mengungkapkan, kasus-kasus trauma banyak terjadi sering menimpa organ multisistem, dan meskipun dalam situasi pandemi covid-19 penanganan kasus-kasus trauma harus tetap optimal. Serta, menurutnya, penanganan trauma tetap berpegang pada prinsip-prinsip manajemen trauma Advanced Trauma Life Support (ATLS), dengan prinsip universal precaution dan pencegahan terjadinya cedera lebih lanjut.

"Prosedur Primary dan Secondary Survey tetap merupakan prosedur penanganan utama. Jangan lupakan keamanan penolong dan pasien, APD yang memadai harus dipakai. Jika pasien harus dirujuk, pasien dirujuk dalam keadaan stabil sesuai prosedur rujukan yang baik,"ujarnya, Selasa,(29/3/2022).

Selain itu, Ia juga mengatakan, pada prosedur primary dan secondary survey memiliki titik beratnya masing-masing.

"Titik berat primary survey adalah untuk menyelamatkan jiwa. Sedangkan titik berat secondary survey adalah untuk memeriksa seluruh tubuh pasien dan mengevaluasi seluruh prosedur yang sudah dilakukan atau alat yg sudah dipasang. Dan untuk prosedur Secondary survey dilakukan setelah pasien stabil,"ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Rs. Mandaya Karawang, Andri Wiguna menyampaikan, tujuan penyelenggaraan acara Corporate Gathering ini untuk mempererat hubungan kerjasama dengan mitranya, dengan memperkenalkan keunggulan layanan Trauma Center yang ada di Mandaya Hospital Karawang.

"Tidak hanya Trauma Center saja, kita juga memperkenalkan layanan dan fasilitas kesehatan Mandaya Hospital Group, serta sosialisasi program jaminan kecelakaan kerja yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Jasa Raharja, dan Satuan Lalu Lintas Polres Karawang," Imbuhnya, Selasa, (29/3/2022)

Kemudian, Ia juga menyampaikan pentingnya memberikan perkembangan terkini tentang alur diagnosis dan tatalaksana pada kasus trauma akibat kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja, memberikan wawasan baru tentang perawatan dan tindakan pada pasien trauma dalam rangka meningkatkan kualitas hidup pasien.

"Hal ini masih sangat diperlukan, mengingat tingginya angka mortalitas yang tinggi pada pasien-pasien kegawatan daruratan kasus trauma. Serta penanganan awal yang tepat diharapkan dapat menurunkan angka mortalitas pada pasien,"pungkasnya

Dalam segi pelayanan dan capaiannya, Rumah sakit Mandaya Karawang dilengkapi pelayanan medis dengan berbagai peralatan berteknologi terkini dan tim medis kompeten untuk menunjang diagnosis maupun penanganan gawat darurat, sehingga dapat ditangani dengan tepat dan cepat. Selain itu, pada tahun 2017, RS. Mandaya Karawang berhasil mendapatkan penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan sebagai Rumah Sakit Trauma Center Terbaik Se-Jawa Barat.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut