KARAWANG, iNewsKarawang.id – Stasiun Whoosh Karawang akan secara resmi melayani naik-turun penumpang. Rencananya, Kereta Cepat Whoosh akan beroperasi pada 24 Desember 2024, menghadirkan pengalaman perjalanan cepat dan nyaman di momen libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).
General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunnisa, menyampaikan bahwa Stasiun Whoosh Karawang sebenarnya sudah aktif sejak Oktober 2023 untuk operasional kereta cepat.
Namun, kini layanan stasiun diperluas untuk penumpang umum, menjadikannya salah satu tonggak penting dalam mempercepat mobilitas masyarakat.
“Wakil Presiden telah meninjau langsung proses persiapan pembukaan stasiun ini dan sangat mendukung. Dengan layanan ini, masyarakat Karawang akan mendapatkan aksesibilitas lebih luas untuk merasakan perjalanan yang cepat dan nyaman,” ujar Eva.
Perjalanan Super Cepat, Jadwal Padat
Pada tahap awal, Stasiun Whoosh Karawang akan melayani 20 perjalanan per hari, terdiri dari 10 keberangkatan menuju Stasiun Whoosh Halim dan 10 keberangkatan menuju Stasiun Tegalluar Summarecon atau Padalarang.
" Dari Halim–Karawang hanya 15 menit (mobil biasanya 1 jam) dan Karawang–Padalarang hanya 20 menit (mobil bisa mencapai 2 jam)," terangnya.
Berikut jadwal lengkap keberangkatan:
Rute Halim – Karawang:
06.58 WIB, 07.48 WIB , 08.13 WIB , 09.03 WIB , 09.40 WIB , 16.03 WIB, 17.28 WIB, 18.43 WIB, 19.08 WIB, 19.58 WIB
Rute Karawang – Halim:
07.19 WIB, 08.09 WIB, 08.59 WIB, 09.49 WIB, 10.59 WIB, 16.14 WIB, 16.49 WIB, 17.24 WIB, 19.04 WIB, 20.44 WIB
Rute Karawang – Padalarang:
07.15 WIB, 08.05 WIB, 08.30 WIB, 09.20 WIB, 09.57 WIB, 16.20 WIB, 17.45 WIB, 19.00 WIB, 19.25 WIB, 20.15 WIB
Rute Padalarang – Karawang:
06.58 WIB, 07.48 WIB, 08.38 WIB, 09.28 WIB, 10.38 WIB, 15.53 WIB, 16.28 WIB, 17.03 WIB, 18.43 WIB, 20.23 WIB
Sementara itu, KCIC tengah menyelesaikan sistem ticketing untuk rute baru ini. Eva mengimbau masyarakat untuk mengikuti pengumuman resmi terkait waktu dan cara pembelian tiket.
“Pembukaan Stasiun Karawang dilakukan bertahap untuk memastikan semua aspek operasional berjalan optimal. Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik sekaligus memastikan infrastruktur dan integrasi antarmoda mendukung kenyamanan penumpang,” tutup Eva.
Editor : Frizky Wibisono