get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Simak! Sejarah Sang Penemu Radio

Kamis, 10 Maret 2022 | 20:51 WIB
header img
Penemu Radio Guglielmo Marconi. (Foto: Ilustrasi/ist).

JAKARTA, iNews.id - Guglielmo Marconi adalah tokoh dunia yang berperan besar dalam perkembangan teknologi komunikasi, khususnya di dunia penyiaran. Dialah orang yang pertama kali menemukan radio.

Guglielmo Marconi adalah penemu radio pada tahun 1902. Bagaimana sejarah penemuan tersebut? Simak di sini kisahnya.

Radio menjadi salah satu media elektronik termutakhir di zamannya. Adanya radio, dapat membuat masyarakat mengetahui berbagai informasi secara cepat hanya dengan mendengarkan suara.

Marconi, sang penemu radio lahir pada 25 April 1874 di Bologna, Italia. Ia merupakan anak kedua dari pasangan Giuseppe Marconi dan Annie Jameson.

Melansir buku ʻMengenal Penemu Sains dan Penemuannyaʻ karya Juwita Ratnasari, Marconi menyelesaikan pendidikannya di sekolah swasta. Sejak kecil ia sudah menunjukkan ketertarikannya di bidang fisika dan elektro.

Kemudian, di tahun 1895, ia memulai eksperimen di Pontecchio yang mengantarkannya pada penemu sistem telegrafi tanpa kabel. Ia pun mematenkan penemuan tersebut di usia 23 tahun.

Pada tahun 1898, ia pun mendirikan perusahaan dan melakukan banyak penyempurnaan pada penemuan-penemuannya. Tahun 1901 ia berhasil mengirim berita radio melintasi samudra Atlantik dari Inggris ke Newfoundland.

Penemu radio adalah Marconi melihat makna penting dari penemuan ini saat ada kecelakaan kapal S S Republic yang disampaikan melalui radio. Berkat hal itu, hampir semua penumpang bisa diselamatkan dan yang meninggal hanya 6 orang.

Marconi pun menerima hadiah Nobel atas penemuannya. Ia baru mendapatkan hak paten penemuan radio di tahun 1914 dan menghembuskan napas terakhir di Roma pada 20 Juli 1937.

Jadi sudah tahukan sejarah penemu radio adalah Marconi? Selamat belajar ya!

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut