get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Sempat Hilang Kontak, Akhirnya Kapal Motor Putra Barokah Ditemukan Selamat

Selasa, 08 Maret 2022 | 15:36 WIB
header img
Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung, Deden Ridwansyah menjelaskan 19 ABK Kapal Motor Putra Barokah SN telah ditemukan di perairan Tanjung Sedari. (foto: iNewsKarawang/ist).

Karawang, iNews.id - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung, Deden Ridwansyah menjelaskan 19 ABK Kapal Motor Putra Barokah SN telah ditemukan di perairan Tanjung Sedari, Karawang. Sebelumnya Kapal Motor tersebut hilang kontak sejak Minggu (6/3/2022).

"Kapal Motor (KM) Putra Barokah SN ditemukan aman dan selamat,"terang Deden, Selasa (8/3/2022).

Menurut Deden, KM Putra Barokah SN  bertolak dari Pelabuhan TPI KUD Misayamina Eretan Wetan, Kabupaten Indramayu pada Kamis (3/3/2022) pukul 13.00 WIB.

Kemudian, KM Putra Barokah SN mengirim  sinyal SOS pada Minggu (6/3/2022) pukul 04.57 di koordinat 05.25.23 S - 107.38.6 E di perairan Karawang. Setelah itu, kapal berukuran 15 Gross Ton (GT) itu tidak terdeteksi.

Kata Deden, KM Putra Barokah SN diketahui mengalami kerusakan di bagian kelistrikan dan rencananya akan menuju ke Sungai Buntu.

Lalu tim SAR Gabungang bisa berkomunikasi dengan Dasman, nahkoda kapal, sekitar pukul 08.37 WIB. Tim yang melakukn pencrian melalui udara juga melihat   KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari Karawang.

Sekitar Pukul 10.00 WIB, sambung Deden, Tim SAR Gabungan dari Sungai Buntu bergerak menuju KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari dengan koordinat 5°56'52"S - 107°18'37"E menggunakan 2 unit LCR.

"Setelah KM Putra Barokan SN ditemukan dan POB selamat, operasi penyelamatan dihentikan," jelasnya.

Deden menyebutkan Angkutan laut yang digunakan dalam operasi penyelamatan antara lain 1 Unit HR-3604, 1 Unit Kapal Agung Jaya, 2 Unit LCR, 1 Unit Rescue Truck, 3 Unit Rescue Car Pal Air, peralatan alat komunikasi, peralatan medis dan APD personal.

Sementara unsur SAR terlibat Basarnas Kantor SAR Bandung, Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan,  LANUD Sukani,  Lanal Cirebon, Polairud Polres Indramayu, Satpolairud Karawang, BPBD Karawang, AP II Kertajati ,VTS Pelabuhan Cirebon, Pertamina Kilang Karawang, Dinas Perikanan Eretan, UPP Indramayu, dan KUD Misayamina.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut