get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

International Woman Day, DP3A Karawang Bicara Kekerasan dan Pelecehan Perempuan

Selasa, 08 Maret 2022 | 15:26 WIB
header img
Ilustrasi International Woman Day (IWD) yang mengusung tema 'Break The Bias'. (Foto: iNews Karawang/ist)

Karawang, iNews.id - Tanggal 8 Maret 2022 merupakan peringatan International Woman Day (IWD). Dimana pada IWD tahun ini mengusung tema 'Break The Bias'.

Break The Bias sendiri merupakan suatu ajakan untuk semua perempuan di dunia untuk menghancurkan atau mematahkan semua bias yang ada di lingkungan perempuan itu sendiri. Mulai dari tempat kerja, perguruan tinggi, sekolah, komunitas, hingga lingkungan lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang PUG Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Karawang berharap para perempuan untuk tidak tinggal diam jika haknya sebagai perempuan tidak terpenuhi dan jangan acuh terhadap pelecehan serta tindak kekerasan yang kerap dialami oleh para perempuan.

"Kita Lawan dan laporkan, jangan karena terlihat lemah lembut dan anggun, kita dengan mudahnya direnggut haknya serta dilecehkan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. Tetapi, di samping itu, kita sebagai perempuan jangan sampai lupa akan kewajiban kita, apalagi kalau kita memiliki pasangan,"ujarnya saat ditemui di Kantor DP3A Kabupaten Karawang, Selasa (8/3/2022)

Kepala Seksi P3UM, Dinas Koperasi UKM Kabupaten Karawang, Leoni Whisnuwardhani menyampaikan, dalam berkarier, sebagai perempuan harus bisa menjunjung tinggi harta dan martabat, karena perempuan juga mampu bersaing dan mengembangkan potensi di dunia pekerjaan.

"Kita hilangkan pikiran orang-orang yang menganggap wanita itu tidak bisa bekerja, kita sama, bahkan kita bisa melakukan lebih dari apa yang mereka pikirkan. Serta dengan break the bias diharapkan para perempuan dapat berkarier dan mendapatkan hal positif tanpa merasa terdiskriminasi,"ujarnya. Selasa, (8/3/2022)

Selain itu, mengenai peringatan IWD 2022, Aktivis Pemberdayaan Perempuan Karawang, Fany Juantika juga mengajak kepada seluruh perempuan di dunia, di Indonesia, khususnya di Kabupaten Karawang untuk terus berupaya memerdekanan dan memberdayakan diri.

"Keberanian akan hadir ketika kita mampu untuk berdaya. Setiap orang bertanggung jawab atas tindakan diri sendiri setiap harinya. Sehingga, setiap pribadi dapat mematahkan bias yang ada di komunitas, tempat kerja, sekolah, universitas atau di manapun tempat seseorang tersebut berada. International Women’s Day 2022 menjadi ajang yang cocok untuk menerapkan hal itu,"pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut