get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

RS Hastien Karawang Gelar Pemeriksaan Ibu Hamil dan Skrining Katarak Gratis di Pakisjaya

Kamis, 08 Agustus 2024 | 14:44 WIB
header img
RS Hastien Karawang Gelar Pemeriksaan Ibu Hamil dan Skrining Katarak Gratis di Pakisjaya (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Gandeng Puskesmas Pakisjaya, Rumah Sakit Hastien Rengasdengklok Karawang menggelar pemeriksaan ibu hamil dan skrining katarak gratis bagi masyarakat Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan dokter spesialis kandungan, Dr. Chandra Nurreza Fauzi, Sp.OG dan tim medis mata dari RS Hastien Rengasdengklok Karawang serta diikuti oleh puluhan masyarakat sekitar.

Business Development Manager RS Hastien Rengasdengklok Karawang, Ramdoni mengakatan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu komitmen pihaknya dalam membantu pemerintah daerah untuk menekan angka kematian ibu dan anak serta kelahiran bayi kecil di Karawang.

"Bukan hanya skrining, pada kegiatan itu pun kita menyediakan pelayanan konsultasi dokter dan pengobatan lanjutan apabila ada masyarakat yang harus dirujuk terkait kehamilan maupun kesehatan matanya," Ungkap Doni.

Selain itu, Doni juga mengungkapkan dari hasil pemeriksaan ada sekitar 10 peserta yang harus dirujuk untuk pengobatan lanjutan terkait kesehatan mata, dengan rata-rata usia 40 tahun keatas.

"Sekitar 7 sampai 10 orang yang dilakukan pengobatan lanjutan untuk katarak. Dan ibu hamil, tidak ditemukan adanya bayi stunting, namun ada beberapa yang ditindaklanjuti juga untuk peningkatan asupan gizi dan nutrisinya," Jelasnya.

Doni juga menjelaskan, dari katarak sendiri dapat menyebabkan kebutaan pada pengidapnya jika tidak ditangani sejak dini.

Oleh karea itu, Ia berharap dengan kegiatan dapat menekan angka kematian ibu dan anak, kelahiran bayi kecil dan penanggulangan pengidap kebutaan karena katarak di Karawang.

"Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, mengingat pemahaman terkait KIA dan Katarak ini sangat penting dan bisa diantisipasi sejak dini jika ditangani dengan tepat," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut