get app
inews
Aa Read Next : Setelah 3 Mantan Bupati, Kini Giliran Mantan Wakil Bupati Masuk Gerbong Ajam-Gina

PPATK Pantau Aliran Uang Haram yang Mengucur ke Pilkada 2024

Selasa, 23 Juli 2024 | 12:08 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Perihal transaksi mencurigakan yang mengalir ke Pilkada 2024 tengah dipantau oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Pasalnya PPATK berkaca dari temuan dana hasil kejahatan yang mengalir pada kontestasi Pilkada tahun-tahun sebelumnya.

Koordinator Kelompok Humas PPATK, M Natsir Kongah mengatakan,sebelumnya beberapa kasus menunjukkan bahwa ada uang hasil kejatahan yang digunakan untuk Pilkada. "Jadi tugas, fungsi dan kewenangan PPATK adalah mengejar uang hasil kejahatan,"sebut Koordinator Kelompok Humas PPATK, M Natsir Kongah saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Selasa (23/7/2024).

Namun Natsir masih enggan membeberkan secara detail ada tidaknya aliran uang mencurigakan yang mengalir untik Pilkada 2024. Ia menjelaskan bahwa PPATK hingga saat ini masih melakukan pemantauan. Jika ditemukan adanya transaksi mencurigakan, kata dia, bakal dilaporkan ke aparat penegak hukum.

"Kami masih terus memantau. Hasilnya kita sampaikan kepada penyidik," ujar Natsir.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Bareskrim Polri menegaskan bakal menggandeng PPATK untuk menelusuri dan memeriksa aliran dana peserta Pilkada 2024. Upaya ini untuk mencegah transaksi narkoba untuk keperluan politik atau disebut narkopolitik.

"Ya, pasti kita cegah kan terbukti sudah dapat narkopolitik saat Pemilu 2024. Nanti kita dengan PPATK baca semua aliran, jangan dibuka sekarang," ujar Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Mukti Juharsa.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut