get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Sahabat Difabel Dilatih Cara Membuat Kopi, Buka Peluang Jadi Barista

Jum'at, 19 Juli 2024 | 15:22 WIB
header img
Sahabat Difabel Dilatih Cara Membuat Kopi, Buka Peluang Jadi Barista (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Gandeng Kreasi Tuli Indonesia, Pemodalan Nasional Madani (PNM) menggelar pelatihan Barista bagi para disabilitas di Kabupaten Karawang di Asialink Hotel Karawang, Jumat,(19/7/2024).

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri langsung oleh Pimpinan Cabang PNM Bekasi, Agus Mulyono dan Founder Batik Tuli Indonesia sekaligus ketua Kreasi Tuli Indonesia, Inawati Raharja serta diikuti ole puluhan sahabat disabilitas di Kabupaten Karawang.

Pimpinan Cabang PNM Bekasi, Agus Mulyono mengatakan bahwa kegiatan vokasi kreasi kopi disabilitas ini merupakan salah satu kegiatan dari program TJSL.

Dimana pada kali ini, TJSL menyasar sahabat disabilitas khususnya di Kabupaten Karawang untuk diberikan pelatihan mulai dari pengenalan jenis kopi hingga cara membuat kopi.


"Kegiatan ini memang khusus untuk sahabat disabilitas, yang kali ini mereka dikenalkan hal yang baru seputar pengenalan hingga cara membuat kopi," Ungkap Agus, Jumat,(19/7/2024).

"Tujuan kegiatan ini sendiri ialah lokal karya vokasional barista kopi yang menghadirkan barista disabilitas yang sudah mahir membuat kopi," Jelasnya.

Ia juga berharap, output dari kegiatan ini para sahabat disabilitas mampu membuat, bahkan dapat bekerja sebagai Batista di coffe shop atau bisa membuat coffe shop sendiri.

"Ya harapannya seperti itu. Mereka bisa diterima bekerja, dan bahkan mereka yang didalam naungan Kreasi Tuli Indonesia ini mampu membuat coffe shop sendiri," Katanya.

"Dan soal modal, kita siap membantu karena memang mereka (sahabat disabilitas) ada yang sudah menjadi nasabah kita," Imbuhnya.

Sementara itu, Ketuq Kreasi Tuli Indonesia, Inawati Raharja menyampaikan apresiasi kepada PNM karena telah mensupport sahabat disabilitas agar lebih mandiri serta memiliki banyak keterampilan dengan kegiatan vokasi kreasi kopi disabilitas yang berlangsung selama 3 hari ini.

"Hari pertama dan kedua kita berikan pelatihan, di hari penutupan kegiatan akan digelar ngopi bareng disabilitas yang akan dihadiriboleh model-model Karawang dan Purwakarta, selebgram, foodvloger dan influencer," Katanya.

Dari kegiatan ini ia juga berharap sahabat disabilitas di Karawang mampu mandiri dan memiliki banyak keterampilan sehingga bisa bekerja di coffe shop ataupun menjadi difablepreneur.

"Alhamdulillah, ada 2 coffe shop yang siap memperkerjakan mereka (sahabat disabilitas). Dan saya juga berharap tidak hanya berhenti disini, kedepannya kita bersama-sama akan mencetak difablepreneur," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut