get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Banyak Kepala Desa Tak Paham Pengelolaan Bumdes, Lebih dari 100 Bumdes di Karawang Tidak Aktif

Rabu, 26 Juni 2024 | 20:40 WIB
header img
Subkor pembangunan kawasan perdesaan pada DPM Desa Kabupaten Karawang, Rustini (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Sebanyak 111 badan usaha milik desa (Bumdes) di Kabupaten Karawang tidak aktif. Hal itu diungkapkan oleh Subkor pembangunan kawasan perdesaan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dpm Desa) Kabupaten Karawang, Rustini, Rabu,(26/6/2024).

Dikatakan Rustini, sebelumnya telah dilakukan inventarisir data Bumbes yang dilakukan oleh pihaknya di 6 Dapil di Kabupaten Karawang.

"Hasilnya, dari 297 Bumdes, ada 111 Bumdes yang ditemukan tidak aktif dan 186 lainnya masih aktif," Ungkap Rustini kepada pewarta, Rabu,(26/6/2024).

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan tidak aktifnya 111 Bumdes tersebut dikarenakan berbagai hal, mulai dari karena pergantian Kepala Desa serta kurangnya pemahaman terkait pengelolaan Bumdes.

Oleh sebab itu, di tahun ini pihaknya tengah gencar melakukan peningkatan sdm Bumdes agar Bumdes yang saat ini masih aktif masih bisa dipertahankan.

"Kita maksimalkan dahulu yang saat ini masih aktif. Mulai dari Pembinaan terkait administrasi hingga pengelolaan nantinya akan kita bina langsung," Jelasnya.

Sementara itu, untuk Bumdes yang saat ini tidak aktif akan diupayakan diaktifkan kembali ditahun mendatang.

"Insyaallah tahun depan. Bertahap, kita maksimalkan dulu yang saat ini masih aktif, kemudian kita baru bangun kembali Bumdes yang tidak aktif tersebut," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut