get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Disparbud Karawang Bekali Pokdarwis Pelatihan Paket Wisata

Kamis, 13 Juni 2024 | 20:10 WIB
header img
Disparbud Karawang Bekali Pokdarwis Pelatihan Paket Wisata (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang menggelar pelatihan paket wisata untuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kabupaten Karawang. Kegiatan itu digelar di Restoran Sindang Reret Karawang, Kamis,(13/6/2024)

kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan anggota Pokdarwis Karawang dan menghadirkan narasumber Dosen Program Studi Magister Pariwisata UPI, Dr. Galih Kusuma.

Dalam paparannya, Dosen Program Studi Magister Pariwisata UPI, Dr. Galih Kusuma menyampaikan pentingnya peran masyarakat untuk meningkatkan pengelolaan tempat wisata di Daerah.

Sebab, bukan hanya untuk mempromosikan wisata di wilayahnya, pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan destinasi pariwisata tersebut juga bisa menjadi mata pencaharian masyarakat sekitar.

"Oleh sebab itu, pelatihan ini sangat penting karena outputnya sendiri untuk memberikan kemampuan serta pemahaman Pokdarwis untuk membuat dan merencanakan paket destinasi wisata di wilayahnya yang dapat ditawarkan dan menjadi nilai jual," Ungkap Galih.

Selain itu, Ia juga mengatakan peran penting Pemerintah dalam mensukseskan hasil akhir dari kegiatan ini. Mengingat, Kabupaten Karawang sendiri kaya akan potensi destinasi pariwisata namun masih minim pengelolaan.

"Dari mulai regulasi dan infrastruktur harusnya didukung. Apalagi di internal Dinas nya sendiri. Promosi-promosi harus lebih di gemborkan kembali agar upaya yang dilakukan oleh teman-teman pokdarwis ini tidak sia-sia," Tuturnya.

Sementara itu,Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata pada Disparbud Karawang, Lusi, kegiatan tersebut bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan destinasi pariwisata di Kabupaten Karawang.

Dan menurut Lusi, Kabupaten Karawang sendiri memiliki banyak tempat wisata, namun pengelolaannya masih belum maksimal.

"Kita berharap dengan adanya pelatihan ini, mereka (Pokdarwis) mampu untuk merancang dan membuat paket destinasi pariwisata di wilayahnya sendiri," Katanya.

"Kalau bisa, mereka sendiri yang bakal membuat agen-agen tour and travelnya sendiri untuk mengenalkan wisata-wisata di Karawang," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut