get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Hati-hati! DPKP Temukan Hewan Kurban Tak Layak Jual di Lapak, Masyarakat Diminta Teliti

Jum'at, 07 Juni 2024 | 23:07 WIB
header img
Hati-hati! DPKP Temukan Hewan Kurban Tak Layak Jual di Lapak, Masyarakat Diminta Teliti (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Menjelang hari raya idhul adha 2024,  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang melakukan pemeriksaan hewan di lapak-lapak penjualan hewan kurban di Kabupaten Karawang.

Kepala Bidang Peternakan pada DPKP Karawang, Handoko mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban tahun ini dilakukan mulai tanggal 6 sampai 16 Juni 2024.

Lebih lanjut, dari hasil pemeriksaan hewan kurban yang dilakukannya hari ini, sebanyak 150 hewan kurban telah dilakukan pemeriksaan kesehatannya. Dan 5 persen diantaranya ditemukan dalam keadaan tidak sehat dan tidak cukup umur.

"Tadi ada sekitar 7 hewan di lapak yang terkena penyakir kulit, umur kurang dan berliur. Untuk yang berliur dan penyakit kulit, meskipun masih bisa dikonsumsi tetap kita berikan obat suntik agar sehat kembali," Ungkap Handoko.

"Dan untuk yang umurnya kurang, itu kita tegaskan agar tidak dijajahkan atau dijual karena tidak memenuhi syariat islam," Imbuhnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan jika tahun ini pihaknya juga mengerahkan 214 orang tim pemeriksa hewan kurban yang disebar di 30 Kecamatan di Kabupaten Karawang. Hal itu dilakukan guna memastikan semua hewan kurban di Kabupaten Karawang sehat dan layak konsumsi.

"Untuk pemeriksaan hewan kurban ini kita lakukan secara merata. Baik itu di lapak penjualan hewan kurban di desa maupun di wilayah perkotaan," kata Handoko.

Sementara soal perizinan, kata Handoko, pihak pemilik lapak sudah mendapatkan izin dari desa. "Sudah, Alhamdulillah sudah berizinin semua. Dan begitu juga dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH), namun begitu masyarakat tetap harus teliti memilih hewan kurban,"Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut