get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Pemekaran Karawang Selatan Menggema Kembali, Inisiator Bakal Bentuk Presidium

Senin, 20 Mei 2024 | 14:39 WIB
header img
Inisiator Pemekaran Karawang Selatan, Nace Permana (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Isu pemekaran wilayah Karawang Selatan mulai ramai diperbincangkan kembali. Dikabarkan sejumlah tokoh mulai membahas kembali rencana pemekaran tersebut.

Inisiator Pemekaran Karawang Selatan, Nace Permana mengatakan rencana pemekaran Karawang Selatan sebenarnya sudah lama dicanangkan, bahkan rencana itu sudah tercatat dan menjadi salah satu agenda Mendagri.

"Kami melihat potensi bahwa Karawang Selatan ini mampu berdiri sendiri, karena disana ada beberapa potensi seperti wisata, pertanian, industri dan lain-lain,"ungkap Nace.

Menurutnya Karawang Selatan sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan karena memenuhi 3 unsur utama yaitu jumlah kepadatan penduduk, pendapatan perkapita dan daya beli masyarakat.

"Biarkanlah kami orang karawang selatan mengurus rumah tangga kami, sehingga kami bisa memberdayakan dan mensejahterakan sendiri masyarakat kami di wilayah karawang selatan,"paparnya.

Adapun 5 wilayah yang sudah diajukan ke Mendagri sebagai wilayah Karawang Selatan adalah Ciampel, Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Pangkalan, dan Tegalwaru.

"Kami tidak ingin melebar kemana-mana, tapi cukup 5 kecamatan itu dengan batasan utaranya adalah sungai citarum.

Terkait dengan hal itu kami juga meminta kepada tokoh masyarakat terutama orang Karawang Selatan untuk berjuang mensukseskan rencana ini,"katanya.

Sebagai tindaklanjut rencana pemekaran itu, Nace Permana bersama sejumlah tokoh akan membentuk kembali Presidium Karawang Selatan.

"Insya allah dalam waktu dekat lah kita ga akan lama lagi karena memang ini hanya menindaklanjuti. Beberapa tahun lalu saya sudah berbicara banyak dengan anggota DPR RI terkait rencana tersebut, tinggal kami lanjutkan,"tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut