get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Dinas Pertanian Karawang Beri Bantuan Asuransi Usaha Tani dan Ternak Sapi

Kamis, 17 Februari 2022 | 14:55 WIB
header img
Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang, Dadan Denny. (Foto: iNews Karawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

Karawang, iNews.id - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang bekerjasama dengan PT Asuransi Jasa Indonesia beri bantuan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) kepada petani dan Peternak di Kabupaten Karawang.

"Tujuannya pemberian bantuan asuransi tersebut untuk meminimalisir kerugian petani dan peternak. Jika mengalami gagal panen karena hama dan bencana alam serta hewan ternak yang mati karena penyakit, "ujar Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Karawang, Dadan Danny. Kamis,(17/2/2022)

Dijelaskan, dengan dibantu juga oleh Pemkab, petani padi cukup membayar sebesar Rp. 36.000 per-hektar untuk per-musim dan untuk peternak sapi sebesar Rp.40.000 per-ekor dalam setahunnya. Asuransi yang didapatkan, per-hektar lahan yang gagal panen sebesar Rp. 6.000.000, jika gagal panen tersebut mencapai 75% per-hektar dan untuk hewan ternak sapi yang mati karena penyakit sebesar Rp.10.000.000 per-ekor.

Selain itu, Ia juga mengatakan, di tahun 2022 ini ada 10.000 hektar lahan padi dan 300 ekor sapi mendapatkan bantuan asuransi gratis yang disebar di beberapa titik daerah rawan bencana.

"Lahan tani padi yang mendapatkan asuransi gratis diprioritaskan untuk beberapa titik daerah rawan bencana, seperti daerah pesisir pantai, daerah rawan banjir dan daerah yang aliran airnya tidak merata. Untuk hama, burung tidak masuk dalam kategorinya." Ujarnya.

Ditambahkan, untuk peternak sapi, program AUTS ini memberikan ketentraman dan Ketenangan sehingga peternak dapat memusatkan perhatian pada pengelolaan usaha dgn baik, juga pengalihan resiko dengan membayar premi yang relatif kecil, peternak dapat memindahkan ketidakpastian risiko kerugian yg nilainnya besar, juga memberikan jaminan perlindungan dari resiko kematian dan kehilangan sapi.

Dadan berharap, adanya bantuan AUTP dan AUTS ini dapat meminimalisir kerugian dan memberikan ketenangan bagi petani dan peternak dalam menjalankan usahanya.

"Semoga dengan adanya program bantuan tersebut petani dan peternak dapat merasa tenang dan tentram dalam menjalankan usahanya. Dan diharapkan agar semua petani dan peternak di Kabupaten Karawang dapat ikut serta dalam program tersebut, mengingat banyaknya manfaat yang dapat diterima oleh mereka,"pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut