get app
inews
Aa Read Next : Baca Alquran Surat Yasin di Jumat Berkah, Lengkap Terjemahan Arab Latin dan Artinya

Surat Al Kahfi Disunnahkan Dibaca pada Hari Jumat, Mengapa?

Jum'at, 03 Mei 2024 | 12:16 WIB
header img
Ilustrasi sunnah membaca Alquran Surat Al Kahfi pada hari Jumat Berkah. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Tentunya kaum muslimin ingin mengetahui, mengapa Surat Al Kahfi disunnahkan dibaca pada hari Jumat?

Sebagaimana diketahui, Jumat Berkah penuh dengan amal salih berpahala besar. Salah satunya cara meraihnya dengan membaca Alquran Surat Al Kahfi.

Allah Subhanahu wa Ta'ala menjanjikan keberkahan besar bagi hamba-hamba-Nya yang mengerjakannya.

Membaca Surat Al Kahfi bisa dilakukan mulai Kamis malam (malam Jumat) hingga hari Jumat sore keesokannya menjelang magrib. Keutamaan melimpah bakal diraih dengan menjalankan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ini.

Dilansir Rumaysho.com, dai muda asal Yogyakarta Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc mengungkapkan bahwa ajaran tersebut sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi nomor 3470 dan dishahihkan Syekh Al Albani dalam kitab Shahihul Jami', 6471)

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga berkata:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim nomor 6169, Baihaqi: 635, dan dishahihkan Syekh Al Albani dalam Shahihul Jami', 6470).

Diterangkan pula bahwa kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta'ala akan membuat orang yang membaca Surat Al Kahfi dilindungi dari fitnah Dajjal.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menjelaskan:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim nomor 1919, Abu Dawud: 4325, dan yang lainnya).

Oleh karena itu, mari isi hari Jumat Berkah ini dengan mengamalkan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yakni membaca Surat Al Kahfi yang merupakan surat ke-18 dalam kitab suci Alquran dan berisi 110 ayat.

Allahu a'lam.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut