get app
inews
Aa Read Next : BPBD Jabar Ungkap 154 Unit Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi Garut Magnitudo 6,2

Gempa Guncang Kabupaten Bandung 2 Kali, Sejumlah Bangunan Alami Kerusakan

Kamis, 02 Mei 2024 | 09:29 WIB
header img
Sekolah di Bandung rusak akibat gempa (foto: dok BNPB)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Kabupaten Bandung diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 4.2, pada Rabu (1/5/2024), pukul 10:06 WIB dengan kedalaman 4 KM.

Pusat gempa di 7.20 LS - 107.57 BT. Gempa berada di Darat dan tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan selama 2-3 detik di Kabupaten Bandung.

Kemudian gempa kembali mengguncang Kabupaten Bandung pada pukul 20:35 WIB, pusat gempa di 7.82 LS 107.26 BT dengan kekuatan M 4 pada kedalaman 24 km. Lokasi terdampak gempa meliputi Desa Pangalengan, Sukamanah, Margamukti, Pulosari, Wanasari di Kecamatan Pangalengan. Desa Trumajaya di Kecamatan Kertasar. Desa Banjaran Wetan di Kecamatan Banjaran.

"Sebanyak 3 kepala keluarga terdampak. Untuk kerugian material sebanyak 3 unit rumah terdampak, 2 unit Mesjid terdampak, 3 unit sekolah terdampak dan 1 unit Puskesmas terdampak,"ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan laporan Pusdalops BNPB.

Menurut Muhari, untuk upaya penanganan pasca kejadian gempa, BPBD Kabupaten Bandung terus monitor dan mendata wilayah yang terdampak gempa.

"BNPB menghimbau kepada warga untuk selalu waspada apabila terjadi gempa susulan dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa sebelumnya,"ucap Muhari dalam keterangannya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut