get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Lihat Potensi Besar di Sektor Tambak Perikanan

Keren, Rawon dan Soto Betawi Dinobatkan Jadi Makanan Terenak di Dunia!

Sabtu, 27 April 2024 | 12:45 WIB
header img
Rawon dinobatkan jadi makanan terenak dunia. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Dua jenis makanan khas Indonesia yakni rawon dari Surabaya dan soto betawi dari Jakarta, dinobatkan sebagai sup terenak di dunia berdasarkan Good Stats.

Kabar tersebut tentunya  membanggakan bagi Indonesia, 

Diketahui secara keseluruhan, makanan khas Indonesia yakni rawon dan soto betawi menempati urutan pertama dan kedua dengan raihan bintang sebanyak 4,7. Perolehan ini mengungguli sajian sup lainnya dari berbagai dunia yang tak kalah lezat. 

Bahkan menariknya, rawon dan soto betawi mengalahkan ramen, sajian mie Jepang yang sangat populer di Indonesia.

Bahkan, di kota besar seperti Jakarta, sangat banyak restoran atau gerai khusus ramen, dibandingkan yang menjajakan rawon atau soto betawi. Rawon merupakan makanan khas dari Surabaya yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Hal ini dibuktikan dengan disebutnya makanan ini dalam Prasasti Taji (901 M) di Ponorogo, Jawa Timur.

Makanan berkuah ini menggunakan bahan utama daging sapi yang dimasak dengan metode lambat dan campuran bumbu-bumbu rempah khas. Salah satu kunci kelezatan dan keunikan rawon adalah penggunaan keluak.

Bahan satu ini memberikan cita rasa khas dan membuat kuahnya menjadi berwarna hitam pekat, sehingga banyak wisatawan mancanegara menyebutnya black soup.

Namun, apabila tidak diolah dengan baik maka keluak bisa menjadi beracun yang berbahaya bagi tubuh. Dalam satu piring rawon terdiri dari potongan daging sapi, tauge, taburan bawang goreng, kerupuk udang, telur asin, dan kuah sup yang hitam pekat.

Kuah sup yang kaya rempah dan daging yang lembut, ditambah gurih telur asin dan kesegaran tauge, membuat perpaduan nikmat dalam satu suapan rawon.

Sedangkan soto betawi sendiri pertama kali dipopulerkan Li Boen Po sejak 1971, dan mulai menggunakan nama ‘Soto Betawi’ pada 1978. Sejak saat itulah makanan tersebut menjadi kuliner khas Jakarta.

Seperti halnya soto madura dan soto sulung, dalam pembuatan soto Betawi juga menggunakan jeroan sapi. Selain jeroan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati.

Penggunaan santan dan kaya rempah membuat kuah dari soto betawi memiliki cita rasa yang sangat gurih. Hal ini membuat soto betawi juga dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut