get app
inews
Aa Read Next : Selama Mudik Lebaran 2024, Sebanyak 8.725 Kendaraan Langgar Ganjil Genap

Kemenhub : One Way, Contraflow hingga Ganjil-Genap Efektif Urai Kepadatan Pemudik di Arus Balik 2024

Minggu, 14 April 2024 | 08:10 WIB
header img
Kepadatan di Jalan Tol Cipali (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Juru Bicara (Jubir) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati mengatakan, pihaknya optimis rekayasa lalu lintas (lalin) berupa one way, contraflow hingga ganjil-genap efektif dalam mengurai kepadatan kendaraan pada arus balik lebaran 2024.

"Hal itu terlihat dari pengalaman mengatasi kepadatan kendaraan saat arus mudik lebaran 2024, dan tahun-tahun sebelumnya,"kata Adita kepada tim redaksi iNews, Sabtu (13/4/2024).

Menurut Adita, tiga skema itu sangat efektif ya, meskipun saat ini ganjil-genap belum kita terapkan, yang sudah adalah oneway dan beberapa di lajur tertentu akan terjadi contraflow juga.

"Ini belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, dan arus mudik kemarin, ini cukup efektif," sambungnya.

Di sisi lain, Adita menjelaskan, pihaknya bersama Polri dan kementerian terkait juga memiliki skema lain guna mengurangi beban jalan, salah satunya adalah delaying zone.

"Tapi tentu tidak hanya itu, ada istilahnya delaying area, delaying zone di mana ada semacam ditahan arusnya dengan cara diberhentikan di rest area tertentu, atau dikeluarkan ke jalan arteri, yang ini kami terapkan di tol menuju Merak, dan mungkin nanti di tol menuju Bakauheni juga," katanya.

Jadi, kata dia, ketika sudah padat masuk ke pelabuhan, akan ada kantong kantong area di mana mobil ditahan dulu, supaya tidak mengalir terus dan akhirnya pelabuhannya padat.

"Ada buffer zone juga, jadi itu strategi strategi kami untuk mengurangi kepadatan," sambungnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut