get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Perbaiki Skema Contraflow, Terkait Evaluasi Mudik Lebaran 2024

Jelang Lebaran, Jasa Penukaran Uang Menjamur, Raup Omzet Tinggi

Kamis, 04 April 2024 | 12:59 WIB
header img
Jelang Lebaran, Jasa Penukaran Uang Menjamur, Raup Omzet Tinggi (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Menjelang hari raya idul fitri 1445 Hijriah, Jasa penukaran uang pinggir jalan ketiban rezeki nomplok, Omzet tembus 5 Juta per minggu. 

Hal itu diungkapkan oleh salah satu penjual jasa penukaran uang, Santi (70) yang ditemui di Jalan Bypass Tanjungpura, Kabupaten Karawang, Rabu,(3/4/2024).

Dikatakannya kepada pewarta, keuntungan dalam sepekan tembus angka Rp. 5 Juta sampai Rp. 10 Juta pee minggu. 

"Apalagi kalau H-5 atau H-3 lebaran, itu lebih berlipat ganda omzet kita karena semakin banyak yang tuker uang ke kita. Tapi, kembali ke modal kita juga," Kata Santi.

Santi juga mengatakan jika uang yang diterimanya bukanlah berasal dari Bank, melaikan dari 'Bandar' yang berada di Jakarta.

"Kita ambil dari bandar, ya kadang Rp. 1 Miliar atau Rp. 500 Juta. Suka-suka kita gitu," Ungkapnya.

Dan untuk mekanisme penukaranya sendiri, Kata Santi, sekali penukaran nasabah dikenakan 15 persen. "Misal dia nuker Rp.1.000.000, kembali ke kita ya Rp.1.150.000," Jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengguna jasa tukar uang pinggir jalan, Sukasih (35) menyebut jika jasa tukar uang ini cukup membantunya. Sebab, penukaran uang langsung di Bank sulit didapat.

"Ya walaupun ada Vee untuk mereka (penjual jasa tukar uang pinggir jalan), tapi segitu sepadan, soalnya sekarang susah banget nuker uang. Kemarin, saya 3 hari nyari ternyata kosong, kemana-mana juga sulit, sampai ke KM 57 sana juga sama," Tuturnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut