get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Perbaiki Skema Contraflow, Terkait Evaluasi Mudik Lebaran 2024

Waspada ! Flu Singapura Lagi Ngegas, Berikut Tips Mudik Lebaran Tetap Sehat dan Aman

Jum'at, 29 Maret 2024 | 16:49 WIB
header img
Tips mudik tetap sehat di tengah paparan flu Singapura, (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang. Id- Kementerian Kesehatan RI  menyebut tingginya kasus flu Singapura di Indonesia. Dilaporkan ada lebih dari 5 ribu pasien yang terpapar flu Singapura terhitung sejak minggu ke-11 di 2024.

Bahkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga mengimbau masyarakat yang hendak mudik lebaran di tengah fenomena flu Singapura di Tanah Air, untuk berhati-hati. Masyarakat tetap diimbau melakukan pencegahan, dengan memakai masker khususnya para pemudik.

Mengutip Whiz, berikut tips mudik lebaran tetap aman di tengah fenomena flu Singapura, Jumat (29/3/2024).

1. Pakai masker: Penggunaan masker saat mudik lebaran bisa membantu mencegah penularan, paparan berbagai virus termasuk flu Singapura. Dokter sekaligus Epidemiolog, dr Dicky Budiman, M.Sc. PH mengatakan penggunaan masker dan menjaga kebersihan sangatlah penting agar meminimalisir risiko penularan flu Singapura.

"Masker tetap penting, selalu cuci tangan setelah menyentuh barang di tempat publik,” ungkapnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, baru-baru ini.

2. Pastikan sedang sehat: Sebelum mudik, memastikan tubuh dalam keadaan prima juga perlu jadi perhatian. Tubuh yang sakit akan membuat Anda berisiko terpapar berbagai virus termasuk flu Singapura.

Saat tubuh sedang sakit, daya tahan tubuh juga cenderung menurun. Hal ini memudahkan berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh khususnya saat Anda berada di perjalanan. Pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup, sebelum mudik agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

3. Bawa keperluan pribadi: Saat mudik, tak menutup kemungkinan Anda akan menepi ke tempat umum untuk istirahat maupun ke toilet. Pastikan semua keperluan pribadi sudah dipersiapkan seperti sabun, tissu basah, handuk dan sebagainya.

Membawa alat kebersihan sendiri, akan memudahkan untuk tetap menjaga kebersihan selama di perjalanan. Ini bisa meminimalisir terpapar virus flu Singapura yang sedang menyebar di Indonesia.

4. Patuh prokes: Meski mudik dalam keadaan sehat, Anda tetap harus menjaga protokol kesehatan. Kenakan masker di mana pun berada, hindari kerumunan, dan jaga jarak demi mengurangi risiko paparan flu Singapura.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut