get app
inews
Aa Read Next : Jika. Lupa Membayar Zakat Fitrah, Ini Hukumnya !

Sejumlah Negara Umumkan 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa 12 Maret

Senin, 11 Maret 2024 | 11:25 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Ramadhan 1445 H dan hari pertama puasa jatuh pada Selasa, 12 Maret telah ditetapkan oleh Pemerintah pada Minggu, (10/3/2024).

Perlu diketahui pengumuman ini dilakukan berdasarkan hasil Sidang Isbat yang menemukan bahwa posisi hilal penentu pergantian bulan Hijriah masih terlalu rendah.

Selain Indonesia, terdapat beberapa negara tetangga juga telah secara resmi mengumumkan hari pertama Ramadhan jatuh pada Selasa, 12 Maret yaitu di Australia, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Seperti di Australia, Mufti Besar Australia, bekerja sama dengan Dewan Imam Federal, Dewan Fatwa Australia, dan Dewan Fatwa dan Arbitrase Syariah, menegaskan bahwa Senin menandai berakhirnya Sya'ban, dan Selasa, 12 Maret, akan menjadi hari pertama Ramadhan.

Dilansir Gulf News, karena posisi geografisnya dan penampakan bulan relatif terhadap wilayahnya, Australia seringkali menjadi negara pertama yang mengumumkan dimulainya Ramadhan.

Karena letak Australia di belahan bumi timur dan zona waktu yang lebih maju dibandingkan banyak negara lain, Australia sering kali diposisikan untuk memulai bulan-bulan Hijriah lebih awal dibandingkan negara-negara di belahan bumi barat.

Brunei Darussalam juga telah mengumumkan bahwa Selasa, 12 Maret adalah hari pertama Ramadhan, karena tidak dapat melihat bulan sabit dari beberapa lokasi di Kesultanan.

Pengumuman yang sama juga disampaikan oleh Malaysia, yang menyatakan bahwa bulan sabit atau hilal Ramadhan tidak mungkin terlihat dan Selasa, 12 Maret akan menjadi hari pertama bulan suci Ramadhan.

Sementara itu, di negara-negara Arab, komite pengamatan bulan akan berkumpul hari ini setelah salat Magrib untuk mengamati bulan sabit, yang menandai awal Ramadhan.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut