get app
inews
Aa Read Next : Breaking News!Timnas Indonesia Turunkan Line Up Terbaik Hadapi Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

PSSI Upaya Proses Naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, Target Perkuat Timnas Indonesia

Rabu, 21 Februari 2024 | 01:34 WIB
header img
Ragnar Oratmangoen berpeluang main di laga Timnas Indonesia vs Vietnam pada Maret 2024. (Foto: Instagram/@0ratmangoen)

JAKARTA, iNewsKarawang. d- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengupayakan proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen rampung pertengahan Maret 2024. 

Pasalnya PSSI masih menargetkan dua pemain keturunan itu dapat memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret 2024.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

"PSSI akan mengurus proses Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa tuntas pertengahan Maret ini, sehingga mereka bisa tampil saat melawan Vietnam. Itu dulu yang naturalisasi," ucap Erick Thohir 

Perlu diketahui Thom Haye merupakan pemain keturunan yang mempunyai darah keturunan Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Solo dan neneknya yang asal Sulawesi. Pemain 28 tahun tersebut kini bermain untuk SC Heerenveen dan bergabung pada Januari 2022.

Sementara itu, Ragnar Oratmangoen memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Maluku. Pemain 26 tahun yang berposisi penyerang atau pemain sayap itu membela Fortuna Sittard dengan status pinjaman dari FC Groningen.

Kehadiran keduanya dibutuhkan Timnas Indonesia saat bersua Vietnam. Timnas Indonesia membutuhkan dua kemenangan atas Vietnam demi membuka peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sesuai jadwal, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- lebih dulu menjamu Vietnam di SUGBK, Jakarta, pada 21 Maret 2024 pukul 20.30 WIB. Selanjutnya di leg kedua, giliran Vietnam yang menjamu tim asuhan Shin Tae-yong itu di Stadion My Dinh, Hanoi pada 26 Maret 2024 pukul 19.00 WIB.

Dalam kesempatan yang sama, Erick Thohir juga mengatakan dirinya sudah melakukan zoom meeting bersama beberapa calon pemain naturalisasi termasukThom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Hanya saja, mantan presiden Inter Milan ini tidak membocorkan siapa saja pemain keturunan yang diajak video conference selain Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

"Sudah (zoom). Tapi, beberapa pemain keturunan ini, kembali mereka kan untuk bergabung di Indonesia memastikan serius enggak sih," tutup pria 53 tahun ini.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut