Logo Network
Network

Lewat Seminar Jati Diri Bangsa, UBP Karawang Ingin Ciptakan Lulusan Berkarakter

Yogi Kurnia
.
Selasa, 23 Januari 2024 | 17:14 WIB
Lewat Seminar Jati Diri Bangsa, UBP Karawang Ingin Ciptakan Lulusan Berkarakter
Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang gelar seminar Nasional Jati diri Bangsa, Lewat Seminar Jati Diri Bangsa, UBP Karawang Ingin Ciptakan Lulusan Berkarakter (Foto : iNewskarawang.id/Yogi Kurnia)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang gelar seminar Nasional Jati diri Bangsa, bertema kan "Tantangan Kebangsaan di era digital" di aula I UBP Karawang, Selasa, (23/1/2024).

Ketua Pembina Yayasan Buana Pangkal Perjuangan (YBPP) Karawang, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Kiki Syahnakri mengatakan, Jati diri bangsa itu sendiri merupakan mata kuliah baru dan wajib untuk di ikuti oleh seluruh mahasiswa.

Pada dasarnya, jati diri bangsa sendiri merupakan identitas kepribadian yang telah melembaga dalam pikiran dan hati nurani manusia. Nilai-nilai luhur Pancasila yang melekat dalam hati sanubari bangsa menjadi ciri khas sebagai jati diri bangsa yang akan membedakan dengan bangsa lainnya.

"Latar Belakangnya kenapa?, Karena sesuai visi dari UBP sendiri yaitu ingin mencetak lulusan yang berwawasan kebangsaan dan bereputasi internasional," ungkapnya.

Atas hal itu, UBP Karawang di setiap tahunnya akan selalu mengadakan seminar yang bertema kan kebangsaan dan dalam satu tahunnya di adakan sebanyak 2 kali seminar dalam waktu yang berbeda.

"Kita tidak ingin mencetak lulusan yang hanya memiliki kompetensi tinggi saja tapi juga kita ingin lulusan itu selain punya kompetensi yang di banggakan juga mempunyai karakter yang unggul," paparnya.

Dalam konteks itu, pihak UBP ingin agar mahasiswa nya mempunyai wawasan kebangsaan, rasa nasionalisme, patriotisme dan mempunyai kesadaran untuk membela bangsa dan negara nya.

"Itu lah latarbelakang di selenggarakannya kegiatan hari ini. Dan dalam penguatan karakter mahasiswa itu sendiri yaitu tadi kita adakan kuliah tentang pendidikan karakter," ujarnya.

Di tempat yang sama, Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi, SE., MM. juga menjelaskan, pada intinya mata kuliah pendidikan Karakter jatidiri bangsa ini bukan serta merta hanya memberikan pembelajar di dalam kelas, melainkan juga memberikan pembelajaran kepada mahasiswa terkait kondisi kesejarahan di Karawang.

"Salah satu nya adalah mahasiswa di bawa ke tempat tempat bersejarah yang ada di Karawang, dan di Karawang itu ada yang namanya monumen Rawa gede salah satu tempat bersejarah yang dimana di tempat itu merupakan tempat pembantaian warga Rawa gede oleh tentara Belanda karena sedang mencari pahlawan Indonesia yang sedang di cari cari oleh mereka," paparnya.

Dalam hal itu, yang terpenting menurutnya adalah menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap pahlawan Indonesia dan rasa cinta terhadap tanah air, karena Indonesia itu di bangun oleh jiwa jiwa yang mempunyai karakter kebangsaan.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini