get app
inews
Aa Read Next : Disebut-sebut 5 Provinsi di RI Jadi Primadona Investasi pada 2024, Salah Satunya Jawa Barat

Kementerian Perdagangan: RI Jadi Negara Maju, Rasio Kewirausahaan Harus Tembus 14%

Senin, 22 Januari 2024 | 14:49 WIB
header img
Syarat Indonesia Jadi Negara Maju (Foto: Shutterstock)

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Irsy Karim mengungkapkan, tahun 2045 Indonesia ditargetkan menjadi negara maju

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah rasio kewirausahaan mencapai 12%-14%. Irsy menyebut saat ini hanya 3,4% yang masih sangat jauh sekali. 

Namun upaya meningkatkan wirausahawan tersebut, sudah dimulai dengan membangun program Usaha Bersama (UB) yang digagas LDII. 

"Sekilas mungkin terdengar sepele, namun warung atau UB adalah embrio dari usaha mikro, kecil, menengah (UMKM),” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (21/1/2024).

Lanjut Irsy, warung memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian negara. Tercatat, kontribusi UMKM di Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 60% dari jumlah UMKM di Indonesia mencapai 65,46 juta UMKM.

Pemerintah turut serta memberikan bantuan kepada para UMKM sebagai stimulus masyarakat agar pemilik warung semakin naik kelas. Pihaknya berharap stimulus tersebut membantu pelaku usaha dengan pendampingan dan program-program lainnya. Semuanya merupakan akses yang sudah digandeng dengan berbagai institusi.

Adapun ritel modern berfungsi mendukung bisnis UMKM hingga jasa. Seperti contoh jasa sertifikasi halal, jasa pengemasan, dan sebagainya.

“Saat ini kita menggandeng ritel modern untuk menarik supplier-supplier agar harga nya bersaing dan semua sektor perdagangan tetap berjalan optimal,” ucap Irsy. Sementara itu, lokapasar berfungsi memasarkan produk UMKM agar dikenal luas.

Dari segi permodalan, lembaga pembiayaan dan perbankan dapat membantu menembus pasar ekspor. Market place juga berperan dalam mengembangkan UMKM melebarkan inovasi bisnis, tidak hanya melakukan penjualan offline tapi juga online.

Sementara itu, Ketua Umum DPP LDII Chriswanto Santoso meyakini, warung rakyat dapat memberdayakan ekonomi masyarakat sekaligus merintis jalan memperbanyak wirausahawan UMKM.

“UB mulai tahun 1998, sejak krisis melanda Indonesia. Lebih dari 25 tahun. Untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang memiliki daya tahan kuat terhadap resesi yang terjadi,” ujarnya.

UB merupakan usaha kerakyatan berbasis majelis taklim dan masjid, yang saat ini telah berjumlah ribuan. Untuk memastikan keberhasilan UB, perlu evaluasi setiap tahun. “Untuk mengambil langkah kebijakan ke depan, berbasis data, apa yang menjadi kelemahan, kekurangan, dan kelebihan," ujarnya,

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut