get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Tumbuhkan Kesadaran Memilih, KPU Karawang Gelar Simulasi Pemungutan Suara di TPS 7

Minggu, 14 Januari 2024 | 15:40 WIB
header img
Tumbuhkan Kesadaran Memilih, KPU Karawang Gelar Simulasi Pemungutan Suara di TPS 7 (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menentukan hak pilih melalui simulasi pemungutan dan perhitungan suara di TPS 7 Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang pada Minggu, (14/1/2024).

Komisioner KPU Jabar, Adie Saputro menekankan pentingnya memberi pemahaman kepada masyarakat, khususnya pemilih, tentang penggunaan hak suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Adie Saputro juga mengungkapkan bahwa desain surat suara yang ditampilkan dalam simulasi ini tidak memuat foto calon, sebagai langkah pencegahan terhadap kecenderungan tertentu. 

"Simulasi foto peserta pemilu diganti dengan gambar buah-buahan. Sosialisasi ini juga dilakukan untuk mendorong pemilih agar menggunakan hak pilihnya," terang Adie.

KPU Jaww Barat berharap kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, meskipun pada pemilu 2019 Karawang sudah mencapai partisipasi tinggi sebesar 82%. 

"Dengan ini juga kami dari KPU Jawa Barat berharap masyarakat dapat memahami dengan baik siapa yang nantinya akan mereka pilih dan mencari informasi mengenai para peserta pemilu," terang Adie. 

Selain itu untuk memberikan edukasi, Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana juga menyampaikan titik TPS 7 Desa Kamojing ini menjadi salah satu daerah pemilihan rawan banjir di Karawang. 

"Simulasi ini menjadi kesempatan untuk merespons konsen terhadap kondisi cuaca dan banjir yang menghambat proses Pemilu," terang Mari Fitriana. 

Ketua KPU Karawang juga menyampaikan dalam kegiatan edukasi ini para petugas KPPS bersama dengan PPS dan PPK telah berhasil mengajak para pemilih untuk turut serta dalam kegiatan sosialisasi dengan lancar.

"Seluruh kegiatan simulasi ini dilakukan sesuai amanat dari KPU RI, yang mewajibkan KPU di kabupaten dan kota, termasuk Karawang untuk menyelenggarakan kegiatan serupa guna meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024," tutup Ketua KPU Karawang.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut