get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

TPAS Jalupang Kebakaran Lagi, Proses Pemadaman Alot, Api Terus Berkobar

Senin, 18 Desember 2023 | 18:40 WIB
header img
Kalak BPBD Karawang, Mahpudin (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang kembali terbakar. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Karawang, Mahpudin, Senin,(18/12/2023).

Dikatakan Mahpudin, TPAS Jalupang yang berada di Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang kembali terbakar pada 3 hari lalu, tepatnya Jumat,(15/12/2023). Padahal, diikabarkan sebelumnya, TPAS Jalupang sempat padam pada 28 November 2023,lalu.

"Kami mendapatkan laporan itu hari Jumat, 15 Desember 2023 bahwa Jalupang terjadi kebakaran lagi," ungkap, Mahpudin, Senin, (18/12/2023).

Lanjutnya, Ia juga mengatakan jika pihaknya telag mengerahkan mobil pemadam ke lokasi untuk melakukan pemadaman api. Namun, sampai saat titik api di lokasi belum kunjung padam.

"Ternyata tidak bisa dipadamkan 1 malam. Hari berikutnya Sabtu-Minggu kita bergerak kembali, selain pos Cikampek ditambah juga dari pos Damkar Karawang," Paparnya.

Ia juga menyebut jika kebakaran kali ini sama seperti kebakaran yang terjadi pada beberapa waktu lalu. Dimana titik api kebakaran di Jalupang menyebar.

"Memang luar biasa, seperti di awal yang tahap pertama. Ada beberapa titik api yang bermunculan, kurang lebih 20 titik," katanya. 

Selain itu, Ia juga menjelaskan ada beberapa faktor penyebab munculnya api di TPAS Jalupang. Salah satunya karena faktor cuaca dan gas metana dalam tumpukan sampah.

"adanya sebuah proses oleh gas yang terjadi dalam tumpukan sampah yang tingginya kurang lebih 10 sampai 16 meter. Ditambah, kondisi alam yang belum pada tataran musim hujan sepenuhnya. Prediksi BMKG, akhir Desember ke Januari curah hujan daya rendah ke sedang, puncak tingginya Karawang itu sekitar bulan Februari," Tuturnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut