get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Serunya Hari Disabilitas di Karawang, Mulai Talkshow Hingga Pentas Seni

Selasa, 05 Desember 2023 | 12:02 WIB
header img
Serunya Hari Disabilitas di Karawang, Mulai Talkshow Hingga Pentas Seni (Foto : Istimewa)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Sosial berkolaborasi dengan Gemasik ( Gerakan Masyarakat Inklusif Karawang) dan Kreasi Tuli Indonesia menggelar perhelatan Hari disabilitas international 2023 di Mall Resinda Karawang.

Pada kegiatan yang mengusung tema 'Disabilitas Berdaya Dengan Karya' itu dihadiri oleh 500 peserta yang berasal dari berbagai komunitas disabilitas di Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Sosial Karawang, M Ridwan Salam menyampaikan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mengapresiasi karya karya dan prestasi dari para disabilitas, baik dari disabilitas intelektual, tuna daksa, tunarungu, tuna wicara, tuna netra dan disabilitas fisik. 

"Bertepatan dengan Hari disabilitas internasional ini, tepat rasanya nya jika moment ini dijadikan ajang bagi mereka (sahabat disabilitas) bisa mengekspresikan diri. Sebab, mereka juga memiliki kemampuan dan bakat yang perlu diwadahi untuk menampilkannya," kata Ridwan Salam, Sabtu,(2/12/2023).

Lanjutnya, Ia juga mengapresiasi para peserta yang hadir dan berbagai pihak yang telah mensupport kegiatan tersebut. Sebab, katanya, kegiatan ini merupakan langkah mengikis stigma masyarakat terhadap para disabilitas yang masih dipandang sebelah mata.

"Luar biasa, kegiatan ini juga jadi upaya kita bersama untuk menghilangkan stigma di masyarakat bahwa para disabilitas ini hanyalah menjadi beban dan tidak punya karya. Sekarang kita lihat disini, bakat dan karya mereka ditampilkan. Sehingga bisa Mengajak masyarakat juga untuk bisa mengapresiasi mereka dengan baik," ucapnya.

Ia juga berharap kegiatan yang dapat membangun kemandirian dan menanamkan rasa percaya diri bagi para disabilitas ini bisa berjalan dan terselenggara dengan lebih baik lagi dan lebih masif lagi.

"Semga bisa menjadi agenda tahunan dengan acara yang lebih meriah dan bisa mengundang bintang tamu nasional atau public figure, agar teman-teman disabilitas menjadi senang dan bahagia sehingga timbul motivasi, percaya diri dan semangat baru yang dapat memicu kreativitas didalam dirinya," tandasnya.

Sementara itu, adapun serangkaian dalam kegiatan peringatan Hari Disabilitas International 2023 di Mall Resinda Karawang ini seperti, Talkshow bersama 4 narasumber penyandang disabilitas yang berhasil berkarya dan menjadi pengusaha, yakni ; Yesaya Rapha dari Yayasan Berdaya Menembus Batas Jakarta, Yus dari HIS Foundation Cirebon, Fauzi Hammadfa penulis buku disabilitas dan founder sekolah alam dan homeschooling Mata Alam, Trian.

Lalu, ada juga penampilan Pentas seni yang menampilkan berbagai kesenian seperti tarian, menyanyi, musikalisasi puisi, Sendratari, Fashion Show dan musik oleh para disabilitas dari SLBN Karawang, SLBN 1 Karawang Barat, SLB B Tunas Harapan, SLB C Tunas Harapan, Sekolah Islam Al Mumtaaz, Sekolah Alam Amani Karawang, Akeyla Naraya Fashion Designer, PPDI, Kreasi Tuli Indonesia, PERTUNI, GERKATIN, GEMASIK dan Monang.

Kemudian, ada juga Workshop Drawing For a Healing oleh Sascha Poespo Jakarta yang memberikan workshop gratis sebagai apresiasi dan kepedulian nya terhadap acara Hari Disabilitas Internasional selama dua hari, pada tanggal 2 sampai 3 Desember 2023.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut