Logo Network
Network

Disebut-sebut 7 Negara Kontestan Piala Dunia yang Hilang dari Peta Dunia, Negara Mana Saja?

Djanti Virantika/Erwin
.
Sabtu, 02 Desember 2023 | 23:28 WIB
Disebut-sebut 7 Negara Kontestan Piala Dunia yang Hilang dari Peta Dunia, Negara Mana Saja?
Timnas Jerman Barat kala berlaga di Piala Dunia. (Foto: FIFA)

JAKARTA,iNewsKarawang.id - Disebut -sebut 7 negara kontestan Piala Dunia
 ini sebelumnya sukses mengukir prestasi di Piala Dunia. Bahkan hingga merebut gelar juara Piala Dunia. 
 
Namun 7 negara kontestan Piala Dunia ini hilang begitu saja dari peta dunia. Tentunya sejumlah faktor jadi penyebab menghilangnya negara tersebut dalam keikutsertaan di Piala Dunia. Apa saja?

Berikut 7 negara kontestan Piala Dunia yang hilang dari peta dunia.

7. Cekoslowakia

Salah satu negara kontestan Piala Dunia yang hilang dari peta dunia adalah Cekoslowakia. Negara ini tidak ada lagi dalam peta dunia karena dipecah menjadi dua negara, yakni Republik Ceko dan Slovakia.

Tetapi, Cekoslowakia sendiri punya catatan apik dalam keikutsertaan di Piala Dunia. Sebagai salah satu negara kuat di sepakbola, Cekoslowakia bahkan sukses menembus babak final Piala Dunia pada 1934. Sayangnya, mereka harus puas menjadi runner-up kala itu karena kalah dari Italia dengan skor tipis 1-2.

6. Zaire

Lalu, ada Zaire. Negara dari benua Afrika ini juga sudah menghilang dari peta dunia karena kini lebih dikenal dengan Republik Demokratik Kongo.

Zaire pun pernah mentas di Piala Dunia pada 1973. Tetapi, mereka harus menelan pil pahit dalam kiprahnya di Piala Dunia karena terhenti di babak penyisihan grup usai kalah di 3 laga. Salah satu kekalahan berakhir telak dengan skor 0-9, yakni saat melawan Yugoslavia.

5. Uni Soviet

Ada juga Uni Soviet. Negara itu kini sudah dipecah menjadi banyak negara, mulai dari Rusia, Ukraina, Lithuania, Latvia, Georgia, Turmenistan, dan Tajikistan.

Pada eranya, Uni Soviet cukup sering mentas di Piala Dunia. Total, mereka sudah tujuh kali ambil bagian di ajang itu. Uni Soviet pun pernah melaju hingga babak semifinal pada 1966.

4. Jerman Timur

Di urutan keempat, ada Jerman Timur. Pecahan negara Jerman tersebut kini sudah tak ada lagi di peta dunia.

Jerman Timur pun tercatat pernah satu kali lolos ke Piala Dunia, yakni pada edisi 1974. Tetapi kemudian, mereka tak pernah mentas lagi.

3. Jerman Barat

Selain Jerman Timur, ada juga Jerman Barat. Ini juga merupakan negara pecahan Jerman. Sejak 1990, Jerman Timur bersatu dengan Jerman Barat seiring dengan runtuhnya Tembok Berlin.

Jerman Barat pun punya catatan apik di Piala Dunia. Bahkan, mereka berhasil mengoleksi memiliki empat gelar juara dunia dari 12 kali penampilannya

2. Yugoslavia

Di urutan kedua, ada Yugoslavia. Karena perang, Yugoslavia dipecah menjadi banyak negara saat ini, yakni Kroasia, Slovenia, dan Bosnia-Herzegovina. Yugoslavia pun kini adalah Serbia.

Pada masanya, Yugoslavia jadi salah satu negara yang kuat di Eropa. Terbukti, mereka rutin tampil di Piala Dunia sehingga tercatat sudah delapan kali. Bahkan, mereka sukses menembus babak semifinal pada edisi 1930 dan 1962.

1. Hindia Belanda

Kemudian, ada Hindia Belanda. Ini menjadi negara pertama di Asia yang tampil di Piala Dunia. Tepatnya, Hindia Belanda mentas di ajang Piala Dunia pada 1938. Tetapi, kiprah Hindia Belanda gagal berjalan manis. Mereka tersisih di babak pertama usai kena bantai Hungaria dengan skor 0-6.

Kini, Hindia Belanda sudah tak ada lagi di Piala Dunia. Negara tersebut kini menjadi Indonesia. Tetapi, Indonesia sendiri belum pernah tampil di Piala Dunia sejauh ini.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.