get app
inews
Aa Read Next : Berikut 3 Alasan Pesepakbola Kesulitan Ikuti Gaya Lemparan ke Dalam Pratama Arhan

Disebut Sebut 7 Negara Peserta Piala Dunia yang Lenyap dari Peta Dunia

Minggu, 22 Oktober 2023 | 17:55 WIB
header img
Ada tujuh negara yang pernah tampil di Piala Dunia namun kini lenyap dari peta dunia (Foto: FIFA)

JAKARTA - iNewsKarawang. id 
Piala Dunia merupakan ajang termegah di kancah sepakbola. Namun bagi sebuah tim nasional, tampil di Piala Dunia merupakan pencapaian tertinggi.

Namun, ada tujuh negara yang justru menghilang setelah sempat tampil di Piala Dunia. Bahkan, ada yang pernah memenangkan trofi tiga kali.

Berikut 7 Negara Peserta Piala Dunia yang Lenyap dari Peta Dunia

1. Jerman Barat

Sama seperti poin sebelumnya, Jerman Barat merupakan negara pecahan Jerman. Pada saat ini, Jerman dikenal memiliki empat gelar juara dunia.

Namun, tiga di antaranya diraih ketika mereka dikenal sebagai Jerman Barat. Ketiga gelar tersebut direngkuh pada edisi 1954, 1974, dan 1990.

Tercatat, Jerman Barat tampil di Piala Dunia pada 12 kali kesempatan. Namun, mulai 1994, yang dikenal adalah Timnas Jerman, seiring bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur dan runtuhnya Tembok Berlin pada 9 November 1989. Piala Dunia 1990 merupakan ajang terakhir Jerman Barat tampil.

2. Jerman Timur

Jerman Timur, seperti namanya, adalah negara pecahan Jerman. Pernah suatu kali, Jerman Timur lolos ke Piala Dunia pada edisi 1974.

Itu adalah satu-satunya penampilan mereka di Piala Dunia dan mereka bersaing hingga putaran kedua. Sejak 1990, Jerman Timur bersatu dengan Jerman Barat seiring dengan runtuhnya Tembok Berlin.

3. Zaire

Zaire adalah negara dari Afrika. Negara ini dikenal dunia pada tahun 1948 hingga 1997. Namun, kini Zaire dikenal sebagai Republik Demokratik Kongo.

Satu-satunya penampilan Timnas Zaire di Piala Dunia adalah pada edisi 1973. Namun, mereka langsung gugur di fase grup dengan menderita kekalahan pada ketiga laga, termasuk dihempaskan 0-9 oleh Yugoslavia.

4. Uni Soviet

Uni Soviet adalah salah satu negara adidaya pada eranya. Di sepakbola, Uni Soviet pernah melaju hingga babak semifinal Piala Dunia, tepatnya pada edisi 1966 silam.

Uni Soviet tampil dalam tujuh edisi Piala Dunia dan penampilan terakhirnya adalah pada 1990. Kini, Uni Soviet adalah Rusia. Kemudian, ada banyak negara pecahannya, mulai dari Ukraina, Lithuania, Latvia, Georgia hingga Turmenistan dan Tajikistan.

5.Yugoslavia

Yugoslavia merupakan salah satu negara yang kuat di Eropa. Mereka tampil di Piala Dunia dalam delapan edisi dan sukses mencapai semifinal pada edisi 1930 dan 1962.

Namun, setelah perang pecah, Yugoslavia pun dipecah menjadi banyak negara, termasuk Kroasia, Slovenia, dan Bosnia-Herzegovina. Pada saat ini, Yugoslavia adalah Serbia.

6. Cekoslowakia

Cekoslowakia merupakan salah satu negara Eropa yang kuat di sepakbola pada jamannya. Mereka hampir memenangkan trofi pada 1934, namun kalah 1-2 dari Italia di final.

Kini, Cekoslowakia tidak ada lagi dalam peta dunia. Sebab, negara ini dipecah menjadi dua negara, yaitu Republik Ceko dan Slovakia.

7. Hindia Belanda

Hindia Belanda merupakan cikal bakal negara Indonesia. Pada dasarnya, Hindia Belanda merupakan negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia.

Hindia Belanda tampil pada Piala Dunia 1938. Namun, mereka langsung gugur di babak pertama karena kalah telak 0-6 dari Hungaria. Sejak saat itu, Hindia Belanda atau yang kini Indonesia, belum pernah tampil di Piala Dunia.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut