Logo Network
Network

Christian Bekamenga Kabur dari Persib Bandung, Ini Alasannya !

Cahyo Yulianto /Boby
.
Sabtu, 02 Desember 2023 | 15:26 WIB
Christian Bekamenga Kabur dari Persib Bandung, Ini Alasannya !
Christian Bekamenga pernah bermain untuk Persib Bandung. (Foto: Instagram/christianbekamenga)

JAKARTA,iNewsKarawang.id-Kabar kaburnya Christian Bekamenga dari Persib Bandung menjadi buah bibir di kalangan pecinta sepakbola Tanah Air kala itu dan menarik untuk diulas.

Sosok Christian Bekamenga bagi bobotoh Bandung sudah tidak asing lagi karena striker asal Kamerun ini pernah memperkuat Persib pada tahun 2007. Bahkan, dirinya memiliki catatan yang sangat apik.

Diketahui Bekamenga memiliki postur yang tinggi, skill di atas rata-rata, dan memiliki kecepatan,sehingga  menjadi momok bagi lini pertahanan lawan kala itu. Dalam 20 laga, Bekamenga sukses mencetak 17 gol.

Bukan hanya itu saja Bekamenga juga sukses membuat Persib menjadi juara paruh musim Liga Indonesia musim itu. Sayangnya, nama Christian Bekamenga mendadak menghilang pasca ia dipanggil memperkuat Timnas Kamerun.

Ya, setelah selesai memenuhi panggilan tim nasional, Christian Bekamenga tidak lagi kembali bergabung bersama Persib. Tanpa kabar, dirinya meninggalkan tim begitu saja. Padahal kontraknya masih belum habis bersama Pangeran Biru.

Kepergian Bekamenga yang sangat mendadak menjadi perbincangan panas di Indonesia. Pihak agen dan juga manajemen Persib saling bergejolak atas kejadian itu. Keduanya saling menyalahkan tentang kepergian Christian Bekamenga yang dirasa tidak profesional.

Beberapa tahun berlalu, Djajang Nurjaman yang pada tahun 2007 menjabat sebagai asisten dari pelatih Arcan Lurie menjelaskan tentang penyebab perginya Christian Bekamenga. Pria yang akrab disapa Djanur itu mengatakan jika Bekamenga pergi karena kompatriotnya, yakni Nyek Nyobe dicoret dari skuad Maung Bandung.

"Saat itu Persib mendatangkan Leo Chitescu dan memiliki 5 pemain asing. Harus dikeluarin satu, yang dicoret Nyeck Nyobe. Striker marah, Bekamenga. Dia engga mau balik lagi setelah dipanggil ke Timnas Kamerun,” kata Djajang Nurjaman.

Namun Bekamenga tidak membenarkan pernyataan tersebut. Pemain kelahiran 9 Mei 1986 mengatakan jika alasannya meninggalkan Persib tanpa kabar bukanlah karena Nyek Nyobe dicoret.

Christian Bekamenga menjelaskan bahwa alasannya pergi adalah karena mendapat tawaran dari klub Ligue 2 Prancis, Nantes. Sebagai pemain Afrika, Bekamenga merasa jika Liga Prancis adalah tujuan utamanya. Sebab itu dirinya tidak ingin melewatkan kesempatan yang datang.

“Saya di Persib hanya satu musim karena saya mendapat tawaran dari (liga) Perancis, itulah kenapa saya meninggalkan Persib. Kesempatan yang tidak boleh disia-siakan karena mimpi dari pemain Afrika adalah bermain di Liga Perancis," kata Christian Bekamenga.

Meski alasan Bekamenga terbilang masuk akal demi kariernya, namun cara yang ditempuh tidak bisa dibenarkan. Sebagai pemain profesional, sudah sewajarnya untuk menghargai tim dan juga kontrak yang berlaku.

Selepas kepergian Christian Bekamenga, Persib pun tidak pernah kesulitan untuk mencari striker tajam di lini depan. Striker-striker seperti Cristian Gonzales, Hilton Moreira, Ezechiel Ndouassel, hingga Wander Luiz sukses bersinar di tim tersebut.

Bahkan di Liga 1 musim 2023-2024 ini, Persib memiliki duet mengerikan di lini serang dalam diri David Da Silva dan juga Ciro Alves.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini