get app
inews
Aa Read Next : DPPKB Bersama Disparbud Gelar Acara Seniman Peduli Kependudukan di Karawang Barat

Vibe Bersama Disparbud Gelar Coaching Clinic Bartender di Karawang, Ciptakan Bartender Profesional

Senin, 27 November 2023 | 19:30 WIB
header img
Vibe Bersama Disparbud Gelar Coaching Clinic Barista di Karawang, Ciptakan Barista Profesional

KARAWANG, iNewskarawang.id - Vibe Indonesia menggelar Coaching Clinic kepada puluhan Bartender dari beberapa industri wisata yang ada di Karawang pada Senin, (27/11/2023) di Aula Masterpiece Galuh Mas. Dalam kegiatan tersebut, para peserta akan melakukan sharring dengan bartender ternama serta lebih mengenal hal-hal dasar menjadi bartender profesional.

Dikatakan Sales Respresentative Vibe Indonesia, Parlindungan M. Manurung, kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan batender yang ada di Karawang. 

"Jadi totalnya ada 45 bartender, mereka bartender berbakat. Sengaja kami kumpulkan agar bisa berdiskusi bersama," Ujarnya.

Menurut Manurung, pasar Karawang terbilang potensial dimata para produsen minuman, hal itu terlihat dari pembangunan kota yang kian pesat, sehingga menurutnya perlu diimbangi dengan kualitas SDM yang baik.

"Karawang ini kota yang perkembangannya pesat, pasar kami di Karawang itu bisa dikatakan nomor 3 se-Jawa Barat setelah Bandung dan Cirebon," Paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Disparbud Karawang, Lusi Asela., ST, MT dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini akan berdampak baik bagi profesi bartender di Karawang, sebab menurutnya profesi ini masih belum banyak dikenal dikalangan masyarakat umum.

"Tadi kita mendengar bersama bahwa profesi bartender itu sangat menjanjikan, bahkan tidak sedikit barista digaji dengan nilai hingga puluhan juta," Ungkapnya.

Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada sertifikasi bartender di Karawang, untuk itu pihaknya akan berupaya memberikan program yang berkaitan dengan profesi bartender

"Nanti semua bartender di Karawang harus tersertifikasi, tapi yang menjadi PR utama sekarang adalah harus terbentuk dulu asosiasi bartender," tuturnya.

Sebagai penutup Lusi menyebut bahwa sektor Industri Wisata menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp170 Miliar per tahun, dan merupakan penyumbang PAD tertinggi di Kabupaten Karawang.

"Sebagai salah satu penghasil PAD tertinggi, perkembangan industri wisata menjadi salah satu perhatian kami, maka dari itu kami akan membuat program untuk mendukung industri wisata di Karawang," Tutupnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut