get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Kebakaran TPA Jalupang Bahayakan Kesehatan Masyarakat 4 Desa di Kotabaru

Minggu, 29 Oktober 2023 | 18:15 WIB
header img
Kebakaran TPA Jalupang Bahayakan Kesehatan Masyarakat 4 Desa di Kotabaru (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karawang, Wawan Setiawan mengatakan bahwa ada 4 Desa di Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang terdampak dari kepulan asap kebakaran TPAS Jalupang.

"Sejauh pemantauan kami saat ini untuk desa yang terdampak itu ada empat desa di Kecamatan Kotabaru, yang di antaranya yaitu Desa Wancimekar, Desa Pucung, Desa Pangulah Baru dan Desa Cikampek Utara," Kata Wawan, Minggu,(29/10/2023)

Selain itu, Ia juga menyebut, dari 4 Desa tersebut Desa Wancekar merupakan desa yang benar-benar terdampak.

"Tapi untuk desa yang benar-benar terdampak itu ada di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru ya," ungkap Wawan.

Masih kata Wawan, dalam upaya antisipasi dampak kesehatan bagi masyarakat yang terdampak kepulan asap kebakaran TPAS Jalupang, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Kita sudah berkoordinasi dengan TNI-Polri Karawang, Dinkes, BPBD untuk mengantisipasi dampak penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) yang mungkin terjadi akibat asap kebakaran. Unsur Muspika Kotabaru juga sudah berkoordinasi dengan pihak RS Khusus Paru (RSKP) Jatisari apabila ada masyarakat terdampak yang memang merasa sesak nafas dan lain sebagainya," ujarnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan jika, Pemkab Karawang juga akan mendirikan posko-posko kesehatan di sejumlah titik yang terdampak kebakaran TPAS Jalupang.

"kita akan terus melakukan penyisiran ke setiap rumah penduduk untuk mengecek perkembangan kesehatan masyarakat yang terdampak peristiwa itu. Kemudian untuk posko kesehatan sendiri, akan segera kita buat yang terdiri dari desa-desa terdampak dan selanjutnya akan dikoordinir oleh pihak dari Unsur Muspika Kecamatan Kotabaru," jelasnya.

"Dan untuk langkah awal, kita telah membagikan masker bagi masyarakat yang terdampak dari Dinas Kesehatan dengan jumlah 2.500 pcs," tandasnya

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut